Pengisian daya nirkabel smartphone aman digunakan? Begini penjelasan dan pahami risikonya

Pengisian daya nirkabel smartphone aman digunakan? Begini penjelasan dan pahami risikonya

Techno.id - Baik pengisian daya nirkabel maupun pengisian daya berkabel aman jika digunakan dengan benar. Ada kelebihan dan kekurangan pengisian daya nirkabel. Namun, pengisian daya nirkabel memang memiliki beberapa keunggulan keamanan potensial dibanding pengisian daya berkabel.

Mengurangi risiko sengatan listrik

Pengisi daya nirkabel tidak menggunakan kontak listrik yang terbuka, sehingga tidak ada risiko sengatan listrik. Ini sangat penting untuk anak-anak dan hewan peliharaan, yang kemungkinan besar secara tidak sengaja bersentuhan dengan pengisi daya berkabel.

Mengurangi risiko kebakaran

Pengisi daya nirkabel cenderung tidak terlalu panas dibandingkan pengisi daya berkabel, yang dapat mengurangi risiko kebakaran. Ini karena pengisi daya nirkabel menggunakan pengisian induktif, yang mentransfer daya antara pengisi daya dan perangkat tanpa memerlukan kontak listrik langsung.

Mengurangi risiko kerusakan pada port pengisian daya

Pengisian daya nirkabel menghilangkan kebutuhan untuk terus-menerus mencolokkan dan mencabut perangkat Anda, yang dapat mengurangi risiko kerusakan pada port pengisian daya.

Pengisian daya nirkabel smartphone aman digunakan? Begini penjelasan dan pahami risikonya foto: freepik/towfiqu999

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa pengisian daya nirkabel bukannya tanpa risiko. Risikonya termasuk panas berlebih, yang dapat merusak baterai perangkat dan menyebabkan kebakaran.

Lalu perangkat ini juga bisa menimbulkan angguan pada perangkat elektronik lainnya, seperti alat pacu jantung dan implan medis. Pengisian daya nirkabel juga mengurangi efisiensi pengisian daya, yang dapat menyebabkan waktu pengisian lebih lama.

Karena itu penting untuk hanya menggunakan pengisi daya nirkabel berkualitas tinggi dari produsen terkemuka, dan mengikuti petunjuk pabrik dengan cermat.

Secara keseluruhan, pengisian daya nirkabel umumnya dianggap aman, atau bahkan lebih aman daripada pengisian daya berkabel. Namun, penting untuk menggunakan pengisi daya nirkabel dengan benar dan menyadari potensi risikonya.

Berikut beberapa tips untuk menggunakan pengisi daya nirkabel dengan aman

Pengisian daya nirkabel smartphone aman digunakan? Begini penjelasan dan pahami risikonya foto: freepik/blackss

1. Gunakan hanya pengisi daya nirkabel berkualitas tinggi dari produsen terkemuka.

2. Ikuti instruksi pabrik dengan cermat.

3. Tempatkan pengisi daya nirkabel pada permukaan yang rata dan stabil.

4. Jangan menutupi pengisi daya nirkabel dengan apa pun.

5. Jangan gunakan pengisi daya nirkabel saat basah.

6. Lepaskan perangkat elektronik dari pengisi daya nirkabel saat terisi penuh.

(brl/red)