Cara membatalkan pesan yang sudah terkirim di DM Instagram

Cara membatalkan pesan yang sudah terkirim di DM Instagram

Techno.id - Seperti banyak platform media sosial lainnya, Instagram memungkinkan pengguna membatalkan pesan yang terkirim jika mereka secara tidak sengaja mengirim sesuatu yang tidak pantas atau ke penerima yang salah.

Tetapi apa yang terjadi ketika kamu membatalkan pesan yang kadung terkirim? Apakah penerima akan diberi tahu bahwa kamu telah membatalkannya? Bagaimana jika penerima sudah melihat pesan tersebut?

Ini yang terjadi jika kamu membatalkan pesan yang terkirim

Cara membatalkan pesan yang sudah terkirim di DM Instagram foto: freepik

Saat kamu membatalkan pesan yang terkirim di Instagram, pesan tersebut akan dihapus seluruhnya dari obrolan kamu dan penerima. Tidak seperti menghapus pesan melalui aplikasi seperti WhatsApp, di mana penerima mungkin melihat baris bertuliskan Pesan ini telah dihapus sebagai pengganti pesan yang dihapus,

Instagram tidak meninggalkan indikasi apa pun bahwa kamu telah menghapus pesan tersebut. Tidak ada batasan pada jenis konten yang dapat kamu batalkan pesan yang telah terkirim. Kamu dapat membatalkan pengiriman teks, foto, video, emoji, catatan suara, atau jenis pesan lainnya. Selain itu, tidak ada batasan waktu kapan kamu dapat membatalkan pesan yang terkirim. Kamu dapat melakukannya kapan saja.

Cara membatalkan pesan yang telah terkirim di Instagram bisa kamu lakukan dengan mengetuk dan tahan pesan yang ingin kamu batalkan pengirimannya. Lalu ketuk fitur Batalkan Pengiriman.

Bisakah membatalkan pesan yang terkirim setelah penerima melihatnya?

Cara membatalkan pesan yang sudah terkirim di DM Instagram foto: freepik/rawpixel.com

Berbeda dengan WhatsApp, di mana kamu tidak dapat membatalkan pesan yang terkirim setelah jangka waktu tertentu, di Instagram kamu dapat membatalkan pesan yang terkirim kapan saja, meskipun penerima melihatnya beberapa hari yang lalu.

Untuk mengonfirmasi apakah penerima telah melihat pesan tersebut sebelum kamu membatalkannya, kamu dapat memeriksa tanda terima telah dibaca di obrolan. Namun, jika penerima telah menonaktifkan tanda terima telah dibaca atau membatasi akun kamu, maka kamu tidak akan dapat mengonfirmasi apakah penerima telah melihatnya.

(brl/red)