Cara live Instagram di laptop tanpa gangguan, hanya butuh 3 aplikasi

Cara live Instagram di laptop tanpa gangguan, hanya butuh 3 aplikasi

Techno.id - Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna. Melirik ke 2010 saat Instagram pertama kali meluncur, aplikasi bikinan Kevin Systrom dan Mike Krieger tersebut sudah mengalami banyak perubahan. Fitur utama, user interface, hingga sistem keamanan kian membaik seiring berkembangnya Instagram. Hingga kini, Instagram telah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang memiliki fitur termasuk lengkap.

Bicara soal fitur, Instagram menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati setiap pengguna diantaranya live. Live atau siaran langsung merupakan salah satu fitur ikonik yang membuat banyak orang betah berlama-lama menggunakan Instagram.

Umumnya fitur satu ini bisa diakses melalui smartphone baik Android maupun iPhone. Namun ada perangkat lain yang bisa digunakan untuk mengakses fitur live di Instagram. Dengan bermodalkan laptop, banyak pengguna aplikasi media sosial ini yang bisa merasakan sensasi berbeda ketika melakukan live Instagram.

Kendati demikian, perlu dilakukan beberapa ubahan agar proses liver bisa berjalan dengan lancar. Salah satu perubahan tersebut tentu ada di bagian aplikasi pendukung. Untuk membahas lebih detail mengenai bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (17/10) cara live Instagram di laptop.

Cara live Instagram di laptop

Cara live Instagram di laptop tanpa gangguan, hanya butuh 3 aplikasi

foto: pexels.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, melakukan Instagram live atau siaran langsung menggunakan laptop memerlukan beberapa penyesuaian. Penyesuaian disini tentu aplikasi tambahan. Kamu bisa melakukan live dengan lancar berkat bantuan dua aplikasi lagi yakni Streamon dan OBS Studio.

Streamon sendiri berfungsi sebagai aplikasi media yang nantinya akan digunakan untuk login pada akun Instagram kamu. Sedangkan OBS berfungsi sebagai aplikasi streamer pada laptop kamu. Selain Streamon dan OBS, kamu juga bisa menggunakan kamera eksternal agar kualitas gambar yang dihasilkan semakin jernih. Untuk mulai melakukan live Instagram melalui laptop, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Download dan instal aplikasi Streamon dan OBS Studio di laptop yang akan digunakan untuk melakukan live.
2. Setelah proses instal berhasil, buka aplikasi Streamon terlebih dahulu kemudian login menggunakan akun Instagram yang kamu miliki.
3. Jika proses login sudah berhasil, kamu akan mendapatkan Stream URL dan Stream Key yang berfungsi untuk disambungkan ke OBS Studio. Jika ada tombol Go Live! jangan di klik terlebih dahulu karena kamu persiapan kamu belum selesai.
4. Buka aplikasi OBS Studio yang telah diinstal sebelumnya.
5. Jika kamu menggunakan kamera dan mic tambahan, sekarang saatnya untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut dengan laptop.
6. Setelah alat terpasang, buka OBS Studio dan atur video output terlebih dahulu.
7. Untuk mengatur video output, masuk ke Setting kemudian pilih Video. Kamu bisa mengatur resolusi video yang diinginkan.
8. Selesai pengaturan output video, kini giliran bagian input. Kamu hanya perlu klik ikon + pada menu Sources di halaman awal OBS Studio. Pilih kamera yang kamu gunakan kemudian klik Apply dan OK. Begitu pula untuk mic, kamu hanya perlu mengatur input mic yang ingin digunakan pada menu Audio Mixer.
9. Untuk memulai live streaming, kamu bisa masuk ke Setting kemudian pilih menu Stream dan Custom. Kamu bisa memasukkan Stream URL dan Stream Key yang telah dicopy dari Streamon.
10. Kamu bisa klik tombol Start Stream pada bagian pojok kanan bawah yang ada di aplikasi OBS untuk mulai melakukan live. Jika sudah muncul tampilan Streaming start, kembali ke aplikasi Streamon kemudian klik Go Live!.


(brl/guf)