8 Masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone Android, ini cara mengatasinya  

8 Masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone Android, ini cara mengatasinya  

Techno.id - Smartphone berbasis Android menjadi pilihan sebagian besar pengguna. Beragam tipe, model, serta spesifikasi yang dtawarkan membuat banyak pilihan bagi pengguna.

Ponsel Android saat ini hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan harga. Namun ponsel yang berorientasi pada budget cenderung memiliki efisiensi baterai yang lebih tinggi tetapi kinerja keseluruhannya kurang bertenaga.

Hal tersebut dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat atau macet sesekali karena perangkat keras harus bekerja ekstra. Namun selain perangkat keras, tidak jarang perlambatan atau kemacetan juga disebabkan perangkat lunak. Berikut beberapa masalah yang sering dialami smartphone Android dan cara mengatasinya.

1. Ponsel melambat atau macet

8 Masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone Android, ini cara mengatasinya foto: freepik/kamran aydinov

Masalah pelambatan dan macet sering dialami smartphone Android. Sebagian besar disebabkan masalah yang sama dengan kehabisan baterai. Ada aplikasi, game, atau proses di ponsel yang menghabiskan semua CPU atau RAM. Itu yang menyebabkan aplikasi macet. Begini cara mengatasinya.

1. Cara tercepat dan termudah untuk memperbaikimasalah ini adalah dengan menutup aplikasi atau game yang bermasalah.

2. Menyalakan ulang ponsel untuk menghapus semua yang ada di memori dan mencoba lagi.

3. Penyebab lain umumnya terkait perangkat lunak yang buruk.

4. Periksa ponsel kamu untuk melihat apakah ada pembaruan sistem yang tersedia dan kemudian periksa Google Play Store untuk melihat apakah ada pembaruan aplikasi atau game yang tersedia.

5. Masalah pembekuan disebabkan bug yang biasanya dapat diperbaiki dengan cepat oleh pengembang. Kamu bisa masuk ke statistik baterai dan melihat apakah ada aplikasi yang menguras baterai dalam jumlah yang tidak biasa. Kemungkinannya adalah, jika sebuah aplikasi telah menjadi nakal, aplikasi tersebut juga menyedot sumber daya sistem yang lain selain baterai.

6. Jika tidak ada satu pun dari hal-hal di atas yang dapat memperbaiki masalah, bisa jadi masalahnya terkait dengan perangkat keras.

2. Masalah konektivitas

8 Masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone Android, ini cara mengatasinya foto: freepik/uve elena

Masalah koneksi bisa membuat frustasi. Ada beberapa langkah pemecahan masalah yang bisa kamu coba untuk memperbaikinya.

1. Lakukan trik lama, matikan dan nyalakan kembali ponsel.

2. Buka Pengaturan Cepat dan mengaktifkan Mode Pesawat. Opsi ini akan mematikan semuanya, termasuk Bluetooth, data seluler, dan Wi-Fi. Beri waktu beberapa detik, lalu nyalakan kembali. Jika tidak berhasil, coba nyalakan ulang ponsel kamu.

3. Hubungi layanan operator yang kamu gunakan untuk mengetahui apakah jaringan mereka memiliki masalah.

4. Periksa kartu SIM, mungkin mengalami masalah karena kotor atau rusak.

3. Pesan teks tidak terkirim

8 Masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone Android, ini cara mengatasinya foto: freepik/suriyawutsuriya

Pesan teks yang gagal terkirim merupakan perpanjangan dari masalah konektivitas karena itulah satu-satunya alasan mengapa pesan teks tidak dapat terkirim. Jadi, gunakan tips yang sama untuk memperbaiki koneksi.

1. Coba matikan dan nyalakan kembali ponsel untuk membangun kembali koneksi, hubungi penyedia layanan seluler untuk mengetahui apakah ada pemadaman, dan periksa Google Play Store untuk pembaruan aplikasi SMS.

2. Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengunduh aplikasi SMS lain dari Google Play Store dan mencoba mengirim teks dengan aplikasi tersebut. Jika berhasil, itu berarti masalahnya adalah spesifik aplikasi dan bukan spesifik jaringan. Kamu dapat menghapus dan menginstal ulang aplikasi SMS biasa.

3. Masuk ke pengaturan ponsel, lalu ke pengaturan aplikasi, cari aplikasi SMS, dan tutup paksa sambil menghapus data dan cache. Cara ini biasanya akan memperbaiki masalah jika masalahnya terkait dengan aplikasi dan bukan jaringan.

4. Banyak orang menggunakan aplikasi SMS Google, itu berarti mereka juga menggunakan RCS. Karena RCS dikirim melalui data, tidak seperti SMS lama, yang dikirim melalui sinyal telepon, ada baiknya kamu masuk ke pengaturan di Google Messages, mematikan RCS, lalu mencoba mengirim teks lain.

5. Jika berhasil, maka masalahnya adalah koneksi data dan bukan koneksi telepon. Selain itu, ada kemungkinan jaringan kamu mengalami gangguan.

4. Penyimpanan yang rendah

8 Masalah umum yang sering dialami pengguna smartphone Android, ini cara mengatasinya foto: freepik/wirestock

Penyimpanan rendah adalah masalah umum dengan solusi yang mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah mengosongkan ruang. Ada beberapa bug perangkat lunak yang sesekali menginformasikan bahwa perangkat kamu memiliki penyimpanan yang rendah padahal sebenarnya tidak, tetapi itu sangat jarang terjadi.

Sebagian besar, ponsel kemungkinan besar hanya dipenuhi dengan aplikasi, game, foto, video, dan musik yang perlu dipindahkan, dihapus, atau dicadangkan.

1. Cara termudah adalah memindahkan foto-foto ke penyimpanan cloud dan kemudian menghapusnya dari perangkat.

2. Penyebab terbesar lain dari masalah penyimpanan adalah folder unduhan. Ambil peramban file seperti Files by Google, gunakan untuk menavigasi ke folder unduhan kamu, dan hapus semua meme yang telah kamu unduh. Files by Google juga memiliki fungsi pembersih penyimpanan yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan lebih banyak ruang.

3. Hapus aplikasi dan game lama yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Game modern bisa berukuran cukup besar, jadi ini adalah solusi yang lebih efektif.

(brl/red)