5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024

5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024

Techno.id - Menjelang akhir tahun, kamu mungkin dibanjiri pemikiran tentang banyak hal yang ingin kamu lakukan. Kebanyakan orang cenderung menyusun daftar resolusi yang ingin mereka capai di tahun mendatang.

Sementara beberapa berhasil mencapai resolusi ini, sebagian besar mungkin akan kehilangan momentum, kemauan, atau keinginan untuk mempertahankan resolusi mereka karena sejumlah alasan.

Jika kamu saat ini merasa optimistis untuk melakukan apa yang telah kamu rencanakan di tahun mendatang, sebaiknya bekali diri kamu dengan semua alat untuk menjaga tingkat motivasi kamu tetap tinggi, tidak hanya dalam beberapa minggu pertama tetapi sepanjang tahun.

Di era teknologi digital saat ini, pengguna Android dapat mengunduh aplikasi yang akan membantu kamu merancang resolusi yang telah kamu catat. Di bawah ini ada daftar aplikasi yang dapat membantu kamu menjalankan resolusi yang telah kamu buat.

1. Habit Tracker

5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024 foto: freepik/play.google.com

Sesuai namanya, Habit Tracker adalah alat yang dapat digunakan setiap hari untuk mengawasi seberapa teratur kamu menyelesaikan tugas. Setelah peluncuran pertama platform, kamu akan diminta untuk memberikan waktu bangun dan istirahat seperti biasa sehingga aplikasi dapat menentukan kapan harus mengingatkan kamu harus menyelesaikan daftar periksa harian.

Kemudian, kamu dapat menetapkan target, untuk hidup lebih sehat, mencoba hal-hal baru, lebih fokus, atau tidur lebih nyenyak. Ada banyak lagi preset kebiasaan yang dapat dipilih dengan menekan tombol Buat Kebiasaan Baru.

2. ColorNote

5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024 foto: freepik/play.google.com

Orang-orang yang suka membuat daftar sudah memiliki metode yang terbukti benar untuk tetap mengerjakan tugas. Tahun depan, pertimbangkan untuk melangkah lebih jauh dengan memberi kode warna pada catatan kamu. ColorNote mudah digunakan. Tekan simbol plus (+)untuk membuat catatan, pilih apakah akan membuat catatan teks atau daftar periksa, lalu ketik ke dalamnya.

Kamu dapat mengubah warna catatan untuk menggunakannya sebagai metode pengaturan nanti. Selain itu, item yang ditambahkan ke daftar periksa dapat disusun ulang dan dihapus. Untuk menyimpan catatan, tekan tombol kembali.

Aplikasi ini juga memiliki tab Kalender yang dapat kamu gunakan untuk menambah dan mengatur catatan dan daftar tugas menurut hari. Catatan dan daftar yang disimpan dapat diurutkan dalam beberapa cara, termasuk berdasarkan waktu pembuatan, waktu pengingat, menurut abjad, atau berdasarkan warna.

Setiap catatan juga dapat dibagikan, dikunci, disinkronkan di beberapa perangkat, atau dicadangkan secara online. Tetapi untuk melakukannya, kamu harus membuat akun menggunakan login Google atau Facebook atau alamat email.

3. MacroFactor

5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024 foto: freepik/play.google.com

Ada berbagai aplikasi penghitungan nutrisi dan kalori untuk perangkat Android yang dapat kamu jelajahi. Tetapi salah satu yang dianggap terbaik adalah MacroFactor. Ini adalah aplikasi log makanan dan pelatih nutrisi yang semuanya didukung algoritma yang sangat mudah beradaptasi yang menyesuaikan dengan metabolisme unik kamu.

Kamu dapat menghitung kalori dengan memindai kode batang pada makanan. Jika tidak menarik entri dari basis data produk MacroFactor, kamu dapat menggunakan fitur pemindaian label barunya untuk membuat entri baru dengan mudah dengan fakta nutrisi yang sesuai. Kamu juga dapat menambahkan resep dan mendapatkan pembacaan yang akurat tentang berapa nilai kalori dari setiap porsi makanan.

Kamu juga dapat membuat program kalori dan makro untuk diikuti, baik itu rendah karbohidrat, keto, berfokus pada karbohidrat, atau seimbang. Rencana diet didasarkan pada tujuan, baik untuk menambah, mempertahankan, atau menurunkan berat badan.

Setelah kamu menyesuaikan program, yang harus dilakukan adalah mencatat makanan kamu setiap hari dan melakukan check-in mingguan sehingga kamu tetap pada jalur tujuan berat badan tanpa kesulitan.

4. DailyBean

5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024 foto: freepik/play.google.com

Resolusi tahun baru yang umum adalah menulis tentang peristiwa setiap hari dalam buku harian. Jika kamu tidak punya waktu untuk membuat catatan sejarah yang serius, DailyBean adalah salah satu aplikasi jurnal terbaik untuk Android yang dapat kamu coba.

Kamu dapat memilih hari dan momen apa yang ingin kamu rekam, seperti emosi yang kamu rasakan, orang-orang yang menghabiskan waktu bersama kamu, hobi yang kamu sukai, dan bahkan jumlah jam tidur.

Cukup ketuk tanggal hari ini di kalender, pilih "bean" untuk menilai hari kamu, dan pilih jawaban kamu untuk blok catatan pilihan. Kamu juga dapat menyertakan catatan singkat, idealnya sesuatu yang menggambarkan seperti apa hari itu sehingga kamu dapat membaca dan mengenangnya nanti.

Pengguna baru aplikasi, untuk pertama kalinya secara otomatis diberikan uji coba gratis tujuh hari untuk DailyBean versi premium, yang menghilangkan iklan, menyertakan analisis lanjutan tentang lintasan suasana hati kamu dan metrik pribadi lainnya. Setelah uji coba gratis tujuh hari berlalu, aplikasi secara otomatis beralih ke versi gratis.

5. Duolingo

5 Aplikasi Android popular untuk membantu kamu membuat resolusi tahun 2024 foto: freepik/play.google.com

Jika kamu ingin mencapai kefasihan dalam bahasa asing menjadi salah satu resolusi tahun depan, salah satu aplikasi Android terbaik untuk pembelajaran bahasa yang harus kamu jelajahi adalah Duolingo.

Kamu dapat memilih dari 39 bahasa yang berbeda untuk dipelajari. Aplikasi ini sangat mudah dan menyenangkan untuk digunakan, dengan pelajaran yang dipotong menjadi beberapa bagian yang mudah dicerna, memastikan pemahaman dan retensi.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang memotivasi kamu untuk tetap menggunakan layanan ini, seperti permainan sampingan, pencarian bersama teman, dan peluang untuk mempertahankan rekor dan posisi tinggi dalam peringkat kompetisi.

(brl/red)