Buat efek di TikTok hingga viral bisa mendapatkan uang belasan juta, ini syarat bagi kreator

Buat efek di TikTok hingga viral bisa mendapatkan uang belasan juta, ini syarat bagi kreator

Techno.id - TikTok menjadi aplikasi media sosial tengah digandrungi oleh pengguna gadget saat ini. Seakan tak memandang usia, TikTok semakin menjamur ke semua kalangan. Mulai dari anak muda sampai orang tua, pekerja, maupun mahasiswa, semua dapat menikmati sajian short video yang ada di dalam TikTok. Apalagi banyak hal viral dan paling up to date datang dari aplikasi dari Tiongkok ini.

Selain sebagai media interaksi secara digital, TikTok juga bisa menghasilkan uang melalui fitur yang ditanam oleh developer. Terbaru, TikTok memberikan fitur Effect Creator Rewards. Fitur ini merupakan sebuah program yang memungkinkan kreator efek viral dapat mendapatkan imbalan uang.

Sebagai informasi, TikTok sebelumnya tidak memberikan rewards kepada kreator yang menghasilkan efek viral. Padahal selain musik, efek video TikTok juga menjadi komponen penting dari sebuah sajian konten, bahkan tak jarang menghasilkan tren baru.

Melansir dari halaman resmi TikTok Newsroom, pihak developer mengungkapkan bahwa program Effect Creator Rewards disokong dengan dana sejumlah 6 juta dollar AS, atau jika dirupiahkan menjadi Rp 89,1 miliar dan siap dibagikan ke kreator efek TikTok.

Buat efek di TikTok hingga viral bisa mendapatkan uang belasan juta, ini syarat bagi kreator

foto: Effecthouse.tiktok.com

Lantas bagaimana cara dan syarat mendapatkan rewards menarik dari TikTok ini? Berikut techno.id pada Kamis (18/5) memberikan ulasannya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Perlu diketahui, TikTok merinci setiap efek video yang dipakai di 500.000 video unik dalam waktu 90 hari, maka kreator berhak mendapatkan imbalan sebesar 700 dollar AS, atau setara Rp 10,4 juta. Kemudian untuk setiap 100.000 video yang dipublikasikan setelahnya, kreator bisa mendapatkan imbalan tambahan 140 dollar AS, atau sekitar Rp 2 juta.


(brl/guf)