Begini cara mengubah kata sandi Gmail, lakukan secara berkala demi keamanan online

Begini cara mengubah kata sandi Gmail, lakukan secara berkala demi keamanan online

Techno.id - Mengubah kata sandi Gmail sangat penting untuk keamanan online. Jika kamu seperti pengguna pada umumnya, akun Gmail biasanya ditautkan ke lusinan program lain. Maka jika akun kamu diretas, tidak ada yang tahu kerusakan seperti apa yang dapat terjadi.

Karena itu, sangat penting untuk mengubah kata sandi Gmail secara berkala. Google menjadikan proses ini cukup mudah dilakukan. Ingatlah untuk menggunakan kata-kata yang sulit ditebak, termasuk berbagai angka dan huruf, dan tidak terlalu mirip dengan kata sandi lama. Ini merupakan cara terbaik untuk mengubah kata sandi Gmail kamu. Berikut adalah cara mengubah kata sandi Gmail menggunakan situs web desktop dan aplikasi Gmail untuk Android dan iOS.

Menggunakan situs web

Begini cara mengubah kata sandi Gmail, lakukan secara berkala demi keamanan online

foto: google

1. Buka browser desktop apa pun dan buka halaman Akun Google. Jika kamu belum masuk, klik tombol biru Buka Akun Google di sudut kanan atas dan masukkan detail login kamu seperti yang diminta. Jika perlu, verifikasi identitas kamu menggunakan autentikasi dua faktor.

2. Klik tab Keamanan yang tercantum di sebelah kiri.

3. Klik Kata Sandi yang tercantum di bagian Masuk ke Google.

4. Masukkan kata sandi kamu saat ini dan klik tombol biru Berikutnya untuk memverifikasi identitas kamu.

5. Masukkan kata sandi baru di bidang atas, masukkan lagi di bidang bawah, lalu klik tombol Ubah Kata Sandi berwarna biru.

6. Pastikan kata sandi kamu rumit, dengan campuran angka, huruf kecil, huruf kapital, dan karakter khusus. Jika kamu khawatir akan melupakannya, gunakan pengelola kata sandi. Disarankan kamu menggunakan verifikasi dua langkah untuk memperkuat akun kamu bersama dengan opsi pemulihan kata sandi seperti ponsel cerdas atau akun email lain.

Menggunakan aplikasi Gmail

Begini cara mengubah kata sandi Gmail, lakukan secara berkala demi keamanan online foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Petunjuk ini berlaku untuk perangkat Android dan Apple seperti iPhone dan iPad.

1. Ketuk untuk membuka aplikasi Gmail.

2. Ketuk ikon Akun Google kamu yang ditampilkan di sudut kanan atas.

3. Ketuk Kelola Akun Google kamu.

4. Geser ke kiri hingga layar beralih ke halaman Keamanan.

5. Ketuk Kata Sandi yang tercantum di bawah Masuk ke Google.

6. Masukkan kata sandi kamu saat ini, lalu ketuk Berikutnya untuk memverifikasi identitas kamu.

7. Masukkan kata sandi baru di bidang atas, masukkan lagi di bidang bawah, lalu ketuk tombol Ubah Kata Sandi berwarna biru.

Kamu dapat dan harus sering mengubah kata sandi Akun Google, karena ini akan membantu mencegah peretasan dan pelanggaran keamanan lainnya. Periksa secara teratur untuk melihat berapa lama kamu memiliki kata sandi dan pertimbangkan untuk mengubahnya jika kamu memiliki kata sandi yang sama selama beberapa bulan.

(brl/red)