5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami masalah Ketika ingin mengirim email, malah tertahan di Kotak Keluar Gmail dan tidak mau terkirim. Masalah ini bisa jadi disebabkan koneksi internet yang mungkin tidak berfungsi. Bisa juga karena kamu telah mengaktifkan mode offline Gmail. Berikut cara memperbaiki masalah tersebut di desktop atau smartphone.

1. Periksa koneksi internet

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop foto: freepik/rawpixel.com

Jika Gmail tidak dapat mengirim email, periksa dan pastikan koneksi internet kamu berfungsi dengan baik. Gmail tidak dapat mengirim atau menerima email tanpa koneksi internet yang aktif.

Untuk memeriksa koneksi, luncurkan browser web di perangkat dan buka sebuah situs. Jika situs kamu tidak dapat dimuat, kemungkinan koneksi bermasalah.

Pertama, pastikan kamu terhubung dengan benar. Jika kamu menggunakan koneksi kabel, pastikan kabel Ethernet terpasang dengan baik di port ethernet PC kamu. Jika kamu menggunakan Wi-Fi, pastikan jaringan Wi-Fi aktif dan benar-benar tersambung.

Jika kamu memiliki smartphone atau komputer kedua, hal ini dapat membantu dalam mendiagnosis masalah. Jika perangkat kedua terhubung ke internet dengan benar, maka masalahnya mungkin ada pada perangkat pertama.

Coba mulai ulang PC Windows, Mac, iPhone, atau Perangkat Android dan lihat apakah hal tersebut dapat mengatasi masalah. Jika memulai ulang perangkat tidak membantu, kamu harus mengambil langkah lebih lanjut untuk mengatasi masalah koneksi internet.

Jika tidak ada satu pun di jaringan yang berfungsi, itu berarti masalahnya ada pada modem, router, atau Layanan Internet kamu. Untuk me-reboot modem dan router, cabut kabelnya selama satu menit dan periksa kembali semuanya. Pastikan semua koneksi yang masuk dan keluar dari modem dan router terpasang dengan baik.

Jika tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya ada di pihak Penyedia Layanan Internet. Segera hubungi penyedia layanan untuk mengatasi gangguan.

2. Matikan mode offline Gmail di desktop

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu mengalami masalah ini di desktop, pastikan kamu belum mengaktifkan mode offline Gmail. Mode offline akan menyimpan email di folder Kotak Masuk hingga kamu menonaktifkannya. Untuk memperbaiki masalah yang disebabkan mode offline, nonaktifkan mode tersebut dengan menggunakan petunjuk berikut.

1. Buka browser web di desktop dan buka Gmail.com. Masuk ke akun kamu, pilih ikon roda gigi di sudut kanan atas, dan pilih "Lihat Semua Pengaturan".

2. Pilih tab "Offline" di bagian atas layar, lalu matikan opsi "Aktifkan Email Offline". Klik "Simpan Perubahan" untuk menerapkan perubahan pengaturan.

3. Muat ulang situs Gmail di browser web kamu.

3. Menyegarkan folder kotak keluar Gmail di smartphone

5 Cara memperbaiki email yang tertahan di kotak keluar Gmail, bisa untuk perangkat selular dan desktop foto: freepik/thx4stock

Kamu dapat memaksa Gmail untuk mengirim email yang tertunda dengan menyegarkan folder Kotak Keluar. Begini caranya.

1. Luncurkan aplikasi Gmail di smartphone, lalu ketuk menu tiga garis horizontal di pojok kiri atas.

2. Pada menu yang terbuka, pilih "Kotak Keluar."

3. Di Kotak Keluar, tarik ke bawah dari bagian atas folder. Ini akan menyegarkan item folder kamu, mengirimkan email yang tertunda.

(brl/red)