Smartphone Android kamu sekarang dapat membaca Gmail dengan lantang, begini cara kerjanya

Smartphone Android kamu sekarang dapat membaca Gmail dengan lantang, begini cara kerjanya

Techno.id - Android sekarang bisa membaca email dari kotak masuk Gmail dengan lantang. Mungkin bagi sebagian orang fitur baru ini agak kurang nyaman, apalagi jika mereka mendapat email di kotak masuk yang sangat sensitif atau rahasia. Namun jangan khawatir, fitur ini bisa dikostumisasi sesuai keinginan kamu.

Fitur baru ini menggunakan aplikasi mode Membaca Google, aplikasi aksesibilitas membaca layar yang memungkinkan mereka yang memiliki gangguan penglihatan untuk mendengarkan konten di layar perangkat yang mereka gunakan.

Sayangnya, belum semua pengguna bisa menggunakan fitur ini. Ada juga Gmail yang belum didukung mode Membaca. Saat mencoba mengaktifkan mode Membaca, pengguna akan mendapatkan peringatan yang mengatakan bahwa aplikasi email tidak didukung.

Namun, terlepas dari peringatan yang muncul, beberapa pengguna justru berhasil mengaktifkan fitur ini dan bisa membacakan email di aplikasi Gmail.

Cara membaca email dengan lantang menggunakan aplikasi Android mode Membaca Google

Smartphone Android kamu sekarang dapat membaca Gmail dengan lantang, begini cara kerjanya foto: play.google

Fitur ini mungkin sangat mudah dilekukan pada ponsel Google Pixel. Langkah-langkahnya sedikit berbeda pada ponsel Android lain, tetapi kurang lebih sama.

1. Instal aplikasi mode Membaca

Pertama, instal aplikasi mode Membaca dari Google Play Store.

2. Aktifkan pintasan layar mode Membaca

Sekarang kamu perlu mengaktifkan pintasan layar mode Membaca. Jika kamu baru saja menginstal dan menjalankan aplikasi, ketuk Pengaturan saat diminta untuk mengatur pintasan. Atau, buka Pengaturan > Aksesibilitas. Selanjutnya, ketuk mode membaca dan aktifkan pintasan. Kamu mungkin perlu menerima beberapa izin agar pintasan memiliki akses ke perangkat yang kamu gunakan.

3. Buka Gmail dan ketuk pintasan mode Membaca

Sekarang temukan dan buka email di Gmail. Tidak semua email akan berfungsi. Fitur ini cenderung berfungsi paling baik pada email yang sebagian besar terdiri dari teks dan memiliki lebih dari satu paragraf. Ketuk tombol pintas mode Membaca di layar.

4. Tekan tombol Putar untuk mendengar email kamu dibacakan

Pembaca tidak akan selalu berfungsi, tetapi jika berhasil, kamu akan disajikan teks email dan beberapa tombol di bagian bawah. Cukup tekan tombol Putar untuk mendengar email kamu dibacakan dengan lantang.

(brl/red)