Begini cara menghemat daya tahan baterai saat menggunakan dual SIM di smartphone

Begini cara menghemat daya tahan baterai saat menggunakan dual SIM di smartphone

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika kini hampir semua smartphone mendukung untuk pemakaian dua kartu SIM (dual SIM). Biasanya pengguna memaki dua operator selular yang berbeda.

Penggunaan dual SIM umumnya dipakai mereka yang sering bepergian. Tak ingin repot membawa banyak perangkat, mereka akhirnya menggunakan satu perangkat dengan dua kartu operator selular.

Penggunaan Dual SIM semakin popular dalam beberapa tahun terakhir. Opsi ini memungkinkan pengguna memanfaatkan layanan dan paket jaringan yang berbeda. Namun, yang jadi pertanyaan, apakah menggunakan dual SIM akan memengaruhi daya tahan baterai sehingga lebih boros?

Dual SIM sebenarnya tidak membutuhkan lebih banyak baterai daripada satu kartu SIM aktif. Namun ponsel cerdas yang mencoba selalu terhubung ke beberapa jaringan membutuhkan lebih banyak pemrosesan, tetapi hanya ada sedikit pengurasan daya. Menggunakan kedua SIM dapat meningkatkan jumlah panggilan dan teks yang diterima pengguna yang dapat berdampak pada masa pakai baterai.

Performa baterai

Begini cara menghemat daya tahan baterai saat menggunakan dual SIM di smartphone foto: freepik/phanuwatnandee

Mengenai daya tahan baterai, menggunakan satu atau dua kartu SIM di ponsel akan berdampak minimal pada pengurasan daya. Tuntutan yang paling signifikan pada baterai ponsel berpusat pada kecerahan layar, total transmisi jaringan, dan seberapa banyak kamu menggunakan aplikasi dan fitur ponsel.

Misalnya, jika kamu memiliki layar yang terang dan menggunakan banyak aplikasi, baterai ponsel akan lebih cepat habis dibanding jika kamu memiliki layar yang lebih redup dan menggunakan lebih sedikit aplikasi.

Meskipun kamu menggunakan dua kartu SIM, masa pakai baterai tidak akan terpengaruh. Kedua kartu SIM akan berbagi sumber daya yang sama, sehingga dampaknya pada baterai ponsel akan diabaikan. Selain itu, sebagian besar ponsel modern saat ini dilengkapi dengan fitur penghemat daya canggih yang memungkinkan aktivitas SIM yang efisien saat tidak digunakan, sehingga membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel.

(brl/red)