Beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai dan tanda-tanda masa pakainya akan habis  

Beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai dan tanda-tanda masa pakainya akan habis  

Techno.id - Saat kamu membeli ponsel, baik baru maupun bekas, mungkin kamu bertanya-tanya berapa lama baterainya akan bertahan? Jawabannya lebih kompleks dari yang kamu bayangkan.

Sebab ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi masa pakai baterai ponsel dan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa baterai ponsel perlu diganti.

Beberapa faktor yang memengaruhi masa pakai baterai

Beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai dan tanda-tanda masa pakainya akan habis foto: freepik/user6724086

Baterai ponsel bertahan rata-rata 3 hingga 5 tahun, tetapi perkiraan tersebut dapat sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Kebiasaan mengisi daya memainkan peran utama dalam masa pakai baterai.

Semakin sering kamu mengisi daya baterai, semakin berkurang pula kapasitasnya dari waktu ke waktu. Menurut Apple, kapasitas baterai iPhone harus bertahan setidaknya 500 kali pengisian penuh sebelum turun hingga 80%.

Karena itu, cara kamu menggunakan ponsel memiliki efek langsung pada masa pakai baterainya. Jika kamu sering menggunakannya untuk aktivitas yang menguras baterai seperti menonton video dan bermain game, baterainya pasti akan lebih cepat habis.

Tanda-tanda baterai ponsel hampir habis masa pakainya

Performa baterai ponsel berkurang seiring waktu adalah hal yang normal. Setelah bertahun-tahun digunakan, kamu mungkin perlu mewaspadai tanda-tanda bahwa baterai sudah hampir habis.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan

Beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai dan tanda-tanda masa pakainya akan habis foto: freepik/pvproductions

Tanda pertama yang harus diperhatikan adalah berapa lama ponsel tetap terisi daya. Adalah hal yang normal untuk melihat perbedaan kapasitas pengisian daya setelah tahun pertama penggunaan perangkat, tetapi jika ponsel kamu kehilangan daya lebih cepat, itu mungkin merupakan tanda bahwa baterai perlu diganti.

Tanda lain yang perlu diperhatikan adalah persentase daya baterai yang dicapai setelah pengisian daya. Jika daya tidak mencapai 100 persen setelah mengisi daya ponsel dalam waktu yang lama, kemungkinan besar baterai sudah mendekati masa pakainya. Jika kamu menyadari bahwa baterai sering panas tanpa alasan yang jelas, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya juga.

Unduh aplikasi untuk memeriksa kesehatan baterai

Beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai dan tanda-tanda masa pakainya akan habis foto: freepik/atlantist studio

Jika kamu ingin mengawasi kesehatan baterai ponsel, ada beberapa aplikasi yang dapat kamu unduh untuk memberikan informasi yang kamu butuhkan.

Misalnya, aplikasi AccuBattery dapat mengukur kesehatan baterai ponsel Android berdasarkan siklus pengisian daya. Kamu dapat menggunakan informasi yang diberikan untuk mengoptimalkan cara menggunakan perangkat. Sementara pengguna iPhone dapat mengakses informasi kesehatan baterai secara langsung di perangkat mereka.

(brl/red)