8 Tips dan trik untuk menghemat daya tahan baterai iPhone, selalu periksa aplikasi yang boros baterai

8 Tips dan trik untuk menghemat daya tahan baterai iPhone, selalu periksa aplikasi yang boros baterai

Techno.id - Semua pengguna berharap baterai iPhone mereka bisa bertahan lebih lama. Sampai saat ini banyak pengguna yang menunggu terobosan dari pembaruan teknologi baterai smartphone.

Namun sebelum teknologi tersebut hadir, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat daya dan memaksimalkan masa pakai baterai iPhone.

1. Pastikan fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan diaktifkan

8 Tips dan trik untuk menghemat daya tahan baterai iPhone, selalu periksa aplikasi yang boros baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

iPhone memiliki fitur yang dirancang untuk melindungi baterai dengan membatasi total pengisian daya. Fitur ini disebut Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan.

Fitur ini seharusnya diaktifkan secara default, tetapi kamu dapat memeriksa ulang di Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Sistem operasi iOS akan memeriksa kebiasaan kamu dan membatasi pengisian daya sampai sekitar 80 persen. Cara ini akan membantu memperpanjang masa pakai baterai.

2. Selalu periksa aplikasi yang boros baterai

8 Tips dan trik untuk menghemat daya tahan baterai iPhone, selalu periksa aplikasi yang boros baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Usahakan selalu memeriksa aplikasi apa saja yang sangat boros baterai. Kamu bisa membuka Pengaturan > Baterai. Lihat daftar aplikasi mana yang menggunakan lebih banyak daya baterai. Jika ada aplikasi atau game tertentu yang sangat boros, kamu dapat membatasi penggunaannya atau menghapusnya. Umumnya media sosial sangat boros daya baterai. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti aplikasi media sosial dengan versi lite yang lebih ringan.

3. Batasi notifikasi

8 Tips dan trik untuk menghemat daya tahan baterai iPhone, selalu periksa aplikasi yang boros baterai foto: freepik

Semakin sering iPhone kamu berinteraksi dengan internet, terutama melalui jaringan selular, semakin banyak daya baterai yang terkuras. Setiap kali kamu menerima notifikasi, ponsel harus mengakses internet, mengunduhnya, mengaktifkan layar, menggetarkan iPhone, dan bahkan mungkin mengeluarkan suara. Untuk mengatasinya, buka Pengaturan > Pemberitahuan dan matikan apa pun yang tidak kamu perlukan.

4. iPhone kamu dibekali layar OLED, gunakan mode gelap

8 Tips dan trik untuk menghemat daya tahan baterai iPhone, selalu periksa aplikasi yang boros baterai foto: freepik/rawpixel.com

Layar OLED menciptakan cahayanya sendiri daripada mengandalkan lampu latar. Ini berarti konsumsi dayanya bervariasi berdasarkan apa yang ditampilkan di layar.

Dengan memilih warna yang lebih gelap, kamu dapat mengurangi jumlah daya yang digunakan perangkat secara dramatis. Cara ini hanya berfungsi pada model iPhone tertentu yang memiliki layar Super Retina.

Untuk mengaktifkan mode gelap buka Pengaturan > Tampilan. Pilih mode gelap. Dengan mengaktifkan mode ini kamu dapat menghemat sekitar 30 persen daya baterai.

(brl/red)