Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop

Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop

Cara menghemat baterai laptop

Cara memaksimalkan masa pakai baterai

Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop foto: unsplash/toa heftiba

Baterai dapat bertahan lebih lama jika kamu merawatnya sesuai dengan pedoman praktik terbaik yang direkomendasikan brand laptop. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

1. Isi daya laptop baru setidaknya selama 24 jam sebelum menggunakannya.

2. Baterai lithium-ion akan bertahan paling lama jika daya baterai terisi antara 20% dan 80%.

3. Lepaskan baterai jika kamu menggunakan laptop yang dicolokkan ke dinding hampir sepanjang waktu.

4. Lepaskan baterai jika kamu tidak akan menggunakan laptop selama satu bulan atau lebih. Jika kamu tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, isi daya hingga 50% sebelum menyimpannya. Baterai akan habis dalam penyimpanan. Jika tidak diisi daya dalam waktu lama, baterai dapat rusak.

5. Sesekali isi daya baterai selama waktu penyimpanan yang lama.

6. Hindari suhu yang sangat panas atau dingin. Jangan tinggalkan laptop di dalam mobil saat musim panas atau suhu terlalu dingin.

7. Turunkan pencahayaan keyboard, pengaturan tidur, dan kecerahan layar untuk masa pakai baterai yang lebih baik.

Baterai Notebook Mac

Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop

foto: unsplash/sincerely media

Apple MacBook, MacBook Air, dan MacBook Pro menggunakan baterai polimer litium yang tidak dapat diganti untuk memberikan daya tahan baterai maksimum dalam ruang yang ringkas.

Untuk memeriksa kesehatan baterai, buka menu Apple dan buka Pengaturan Sistem > Baterai. Kamu akan melihat salah satu dari pesan status berikut, tergantung versi macOS kamu.

1. Normal: Baterai berfungsi seperti yang diharapkan.

2. Servis disarankan/Segera Ganti: Baterai berfungsi seperti yang diharapkan, namun kamu harus mempertimbangkan untuk menggantinya karena baterai tidak dapat mengisi daya sebaik biasanya.

3. Ganti Sekarang: Baterai berfungsi normal namun daya tahan baterai jauh lebih sedikit dibanding saat masih baru. Kamu masih dapat menggunakan laptop, namun jika kinerjanya terpengaruh, bawalah ke teknisi servis resmi Apple untuk mengganti baterai.

4. Servis Baterai: Baterai tidak berfungsi secara normal. Kamu dapat menggunakan Mac saat tersambung ke adaptor daya. Kamu harus membawanya ke Apple Store atau penyedia layanan resmi Apple sesegera mungkin.

(brl/red)