Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya  

Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya  

Cara kerja Android Doze

Cara menonaktifkan Doze

Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya foto: freepik/slon.pics

Untuk menonaktifkan pengoptimalan baterai untuk aplikasi Android apa pun, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Kunjungi Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan.

2. Sentuh Lihat semua aplikasi di bagian bawah daftar Aplikasi yang baru dibuka untuk melihat semua yang ada di ponsel kamu.

3. Pilih aplikasi yang ingin kamu sesuaikan.

4. Perluas bagian Lanjutan pada halaman Info aplikasi.

5. Pilih Baterai dan kamu akan membuka menu lain dengan beberapa pengaturan baterai.

6. Selanjutnya, ketuk entri Pengoptimalan baterai dan kamu akan melihat daftar aplikasi lagi. Pada bilah di bagian atas layar, ketuk Tidak dioptimalkan dan ubah menjadi Semua aplikasi agar kamu dapat melihat semuanya. Sekali lagi, pilih aplikasi yang ingin kamu ubah.

Kamu akan melihat jendela baru, pilih Don't optimize di sini untuk menonaktifkan pengoptimalan baterai untuk aplikasi tersebut. Cara ini akan mencegah Doze membatasi penggunaan latar belakang aplikasi.

Jika aplikasi masih berperilaku aneh setelah melakukan cara ini, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mematikan Baterai Adaptif di bawah Pengaturan > Baterai. Ini adalah fitur terpisah namun serupa yang digunakan Android untuk mengoptimalkan penggunaan baterai.

Seiring waktu, fitur ini akan mempelajari aplikasi apa saja yang jarang kamu gunakan, dan membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, kamu tidak perlu menonaktifkannya dalam banyak kasus.

Aplikasi yang sebaiknya dinonaktifkan pengoptimalannya

Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya foto: freepik/rawpixel

Jenis aplikasi apa saja yang mengalami masalah dengan Doze? Berikut ini adalah beberapa yang bisa kamu pertimbangkan untuk diubah.

1. Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, dan aplikasi SMS. Pengoptimalan baterai dapat menyebabkan notifikasi pesan datang terlambat.

2. Aplikasi VPN. Pengoptimalan baterai dapat menyebabkan VPN memutus koneksi saat layar ponsel kamu mati.

3. Aplikasi pencadangan foto. Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menonaktifkan pengoptimalan baterai untuk aplikasi seperti Google Foto yang secara otomatis mencadangkan foto kamu ke cloud. Sering kali, kamu akan membukanya dan melihat bahwa aplikasi ini belum mencadangkan foto dalam beberapa hari. Hal ini dapat menyebabkan kamu kehilangan foto jika sesuatu terjadi pada perangkat kamu.

4. Aplikasi apa pun yang sensitif terhadap waktu. Aplikasi seperti penjadwal SMS mungkin gagal mengirim pesan terjadwal kamu tepat waktu ketika dioptimalkan untuk penggunaan baterai.

Ingatlah bahwa kamu harus menonaktifkan pengoptimalan baterai dengan hemat. Melakukannya pada terlalu banyak aplikasi akan berdampak negatif pada masa pakai baterai.

(brl/red)