5 Cara alternatif untuk menghemat baterai iPhone, nomor 2 akan sangat membantu saat baterai mulai drop

5 Cara alternatif untuk menghemat baterai iPhone, nomor 2 akan sangat membantu saat baterai mulai drop

Techno.id - Masa pakai baterai iPhone selalu menjadi perhatian pengguna. Maklum, semakin canggih sebuah smartphone maka akan semakin besar konsumsi daya yang dibutuhkan.

Faktor ini disebabkan semakin canggihnya perangkat keras dan perangkat lunak yang disematkan pada iPhone. Sebut saja layar yang semakin besar, prosesor yang makin bertenaga membutuhkan asupan daya yang tidak sedikit.

Karena itu wajar jika iPhone tidak akan bertahan seharian hanya dengan sekali pengisian daya. Kendati begitu, pengguna dapat menyiasatinya untuk mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama. Berikut beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai.

1. Kurangi notifikasi

5 Cara alternatif untuk menghemat baterai iPhone, nomor 2 akan sangat membantu saat baterai mulai drop foto: freepik/rawpixel.com

Jika layar iPhone kamu menyala dengan pratinjau setiap pemberitahuan yang diterima, layar akan menghabiskan daya dengan setiap teks atau peringatan berita terkini. Mengurangi gangguan ini dapat menghemat baterai kamu. Caranya dengan membuka Pengaturan > Pemberitahuan dan pilih aplikasi tertentu mana yang diizinkan untuk mengirim pemberitahuan ke iPhone kamu.

Untuk menonaktifkan ping ini selama jangka waktu tertentu, gunakan fitur Fokus di bawah Pengaturan > Fokus untuk mengatur batasan kapan pemberitahuan diizinkan masuk. Pastikan Jangan Ganggu dinonaktifkan di bawah Status Fokus.

Pilihan lainnya adalah mengatur spesifikasi dari satu notifikasi. Jika kamu melihat peringatan yang tidak ingin dilihat lagi, geser ke kiri di atasnya dan ketuk Opsi untuk mematikan pemberitahuan di masa mendatang. Kamu juga dapat memberi tahu agar dikirimkan secara diam-diam di lain waktu, artinya akan masuk ke Pusat Pemberitahuan tanpa ditampilkan di layar terkunci atau memutar suara.

2. Matikan layanan nirkabel, aktifkan mode pesawat

5 Cara alternatif untuk menghemat baterai iPhone, nomor 2 akan sangat membantu saat baterai mulai drop foto: freepik/tete-escape

Dari Wi-Fi, Bluetooth, dan data selular, ponsel kamu memiliki banyak fitur nirkabel yang berjalan di latar belakang. Jika kamu mengalami pengurasan daya, kamu dapat mematikannya untuk menambah lebih banyak daya sebelum baterai habis. Solusi tercepat adalah membuka Pusat Kontrol dan menekan opsi menu di kiri atas untuk mengubah fitur ini.

Ketuk ikon Mode Pesawat untuk mematikan semua fitur selular iPhone kamu. Panggilan dan pesan WhatsApp tidak akan masuk, tetapi kamu masih dapat terhubung ke Wi-Fi jika diperlukan untuk iMessages dan tugas lainnya. Kamu juga dapat mengaktifkan ini di Pengaturan.

Wi-Fi tidak akan menyedot daya baterai jika kamu tidak menggunakannya. iPhone akan terus mencari jaringan Wi-Fi terdekat, itulah sebabnya daftar jaringan yang tersedia terus berubah saat kamu bepergian. Ketuk tombol Wi-Fi dari Pusat Kontrol untuk mematikannya atau melakukannya dari Pengaturan > Wi-Fi.

Demikian pula, Bluetooth dan AirDrop terus mencari cara untuk terhubung, tetapi tidak ada alasan bagi fitur-fitur untuk aktif setiap saat. Matikan fitur-fitur ini di Pusat Kontrol atau buka Pengaturan > Bluetooth dan Pengaturan > Umum > AirDrop > Penerimaan Nonaktif, masing-masing, untuk mematikannya. Ingatlah untuk mengaktifkan kembali layanan ini saat kamu benar-benar membutuhkannya.

3. Matikan fitur mendengarkan secara aktif pada Siri

5 Cara alternatif untuk menghemat baterai iPhone, nomor 2 akan sangat membantu saat baterai mulai drop foto: freepik/new africa

iPhone atau iPad mendukung Siri handsfree, artinya kamu dapat mengucapkan "Hai, Siri" dan mengajukan pertanyaan tanpa harus menyentuh iPhone. Itu artinya perangkat selalu mendengarkan, menunggu perintah kamu dan menggunakan sumber daya.

Jika kamu tidak terlalu sering menggunakan Siri, mematikan mendengarkan secara aktif dapat membantu menguras baterai. Arahkan ke Pengaturan > Siri & Pencarian, di mana kamu dapat menonaktifkan entri Dengarkan "Hai Siri". Kamu dapat membiarkan Tombol Samping Tekan untuk Siri diaktifkan, jika kamu menginginkan kemampuan untuk memanggil asisten Apple dengan menekan sebuah tombol. Jika tidak, kamu juga dapat menonaktifkan opsi ini jika ingin menghindari pemanggilan Siri secara tidak sengaja.

(brl/red)