Aplikasi ChatGPT untuk Android resmi diluncurkan, begini cara menggunakannya

Aplikasi ChatGPT untuk Android resmi diluncurkan, begini cara menggunakannya

Techno.id - Pengguna Android kini sudah dapat menggunakan bantuan kecerdasan buatan (AI) melalui aplikasi ChatGPT yang sudah resmi diluncurkan hari ini. Aplikasi yang dapat digunakan untuk ponsel maupun tablet ini sudah tersedia di Google Play Store mulai hari ini, gratis untuk digunakan seperti edisi iOS.

Dalam sebuah tweet, OpenAI mengonfirmasi debut Android aplikasi ini baru tersedia untuk diunduh di Amerika Serikat, India, Bangladesh, dan Brasil. Rencananya pada pekan depan akan diperluas di sejumlah negara.

Dengan rilis baru ini, ChatGPT sekarang dapat diakses pada iPhone, iPad, dan perangkat Android serta situs web. Pengalaman penggunaannya serupa di semua platform tersebut, meskipun aplikasi Android menaburkan beberapa fitur bonus seperti halnya iOS. Begini cara menggunakannya.

1. Saat menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetik permintaan dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan untuk topik yang sama. Jika tidak, cukup ketuk ikon + di bagian atas untuk memulai obrolan baru.

2. Kamu juga dapat mengucapkan permintaan dengan cara mengetuk ikon mikrofon di kolom Pesan. Ucapkan pertanyaan atau permintaan, lalu ketuk lingkaran setelah selesai. Ucapan kamu akan ditranskrip menjadi teks untuk dikirimkan.

3. Aplikasi ini juga dapat melacak semua obrolan kamu di situs web dan di seluruh perangkat seluler. Untuk mengakses obrolan sebelumnya, cukup pilih Riwayat.

Aplikasi ChatGPT untuk Android resmi diluncurkan, begini cara menggunakannya foto: openai

4. Kamu dapat menelusuri obrolan sebelumnya atau mencari obrolan tertentu dengan kata kunci. Ketuk obrolan mana pun untuk menampilkannya. Dengan obrolan di layar, ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan dan kamu dapat menghapus atau mengganti namanya.

5. Seperti halnya situs web dan versi iOS, aplikasi Android ditujukan untuk pengguna ChatGPT gratis dan mereka yang berlangganan ChatGPT Plus berbayar. Pada bagian atas layar, pelanggan tinggal mengetuk GPT-3.5 atau GPT-4 tergantung pada mode mana yang ingin mereka gunakan. GPT-4 menawarkan beberapa keunggulan dibanding pendahulunya, termasuk pelatihan yang lebih baik, memori yang lebih panjang, dan kemahiran multi-bahasa yang lebih besar.

6. Pada menu Pengaturan, kamu dapat mengekspor data obrolan ke dalam file HTML yang dapat dilihat, menghapus riwayat obrolan, dan bahkan menghapus akun. Kamu juga bisa mengubah skema warna, mengganti bahasa default, dan mengakses informasi bantuan. Aplikasi seluler resmi OpenAI sepenuhnya gratis, jadi kamu bisa terus mengobrol sepanjang hari tanpa harus mengeluarkan lebih banyak uang.

(brl/red)