Aplikasi antivirus ternyata juga disiapkan untuk smartwatch

Aplikasi antivirus ternyata juga disiapkan untuk smartwatch

Techno.id - Situs TheVerge.com mengungkapkan, Intel telah mengajak McAfee sebagai mitra kerja dalam peluncuran produk jam tangan pintar LG Watch Urbane LTE. Ketika ditanya mengapa smartwatch memerlukan antivirus, Brian Krzanich selaku CEO mengatakan bahwa jam tangan pintar juga dapat menyimpan data sehingga perlu untuk dilindungi.

Gagasan Intel ini tidak sepenuhnya diterima oleh beberapa pihak. Penyebabnya adalah aplikasi antivirus dianggap sebagai 'cara tradisional' ketika smartwatch meminta pengguna untuk melakukan proses pemindai pada malware.

Namun pihak Intel berasumsi bahwa smartwatch akan terus tersambung ke smartphone dan bahkan beberapa di antaranya sudah menggunakan SIM card untuk konektivitas, sehingga sangat berpotensi untuk diretas layaknya smartphone. "Saya rasa untuk semua perangkat Anda yang terhubung dengan internet, Anda pasti ingin melindunginya setiap saat," imbuhnya.

Ketika pihak penolak tersebut dimintai alasan mengapa menolak antivirus, mereka beranggapan daripada membuat aplikasi yang bekerja sendiri seperti antivirus akan lebih baik jika pengembang aplikasi smartwatch seperti Android Wear atau WebOS untuk fokus dalam meningkatkan keamanan data.

Bagaimana menurut Anda? Apakah gadget smartwatch benar-benar membutuhkan aplikasi antivirus?

(brl/red)