13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama

Techno.id - Baterai ponsel cerdas terkenal berumur pendek. Bahkan dengan penggunaan yang hati-hati sekalipun, tidak jarang baterai ponsel mulai kehilangan kapasitasnya setelah satu atau dua tahun penggunaan. Kondisi ini tidak jarang membuat pengguna frustrasi, terutama saat mereka terus-menerus bepergian dan selalu membutuhkan ponsel.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat baterai ponsel bertahan lebih lama. Berikut 12 tips yang dapat membantu pengguna memperpanjang usia baterai ponsel.

1. Jangan mengisi penuh daya ponsel

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: freepik/mego-studio

Baterai lithium-ion, jenis yang digunakan di sebagian besar ponsel cerdas, paling rentan rusak saat terisi penuh. Karena baterai paling tertekan saat kapasitasnya 100%. Untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel, sebaiknya hindari mengisi daya sepenuhnya. Sebaliknya, usahakan untuk mengisinya sekitar 90% hingga 98%.

2. Jangan biarkan baterai ponsel benar-benar habis

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: freepik/diloka107

Di sisi lain, penting juga untuk menghindari membiarkan baterai ponsel benar-benar habis. Saat baterai benar-benar kosong, diperlukan beberapa siklus untuk mengisi ulang hingga penuh. Ini juga dapat merusak baterai seiring waktu. Untuk menghindarinya, usahakan agar baterai ponsel tetap terisi daya antara 20% dan 80%.

3. Gunakan mode hemat baterai

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Sebagian besar ponsel cerdas hadir dengan mode hemat baterai yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Mode ini biasanya akan mengurangi kecerahan layar, menonaktifkan aplikasi latar belakang, dan membatasi beberapa fitur lainnya. Saat baterai hampir habis, kamu dapat mengaktifkan mode hemat baterai untuk mendapatkan lebih banyak daya.

4. Matikan fitur yang tidak digunakan

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: freepik

Ada sejumlah fitur di ponsel yang dapat menguras baterai, bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Fitur-fitur ini termasuk Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan data selular. Untuk menghemat baterai, matikan fitur apa pun yang tidak kamu gunakan. Kamu juga dapat mengatur fitur ini untuk dimatikan secara otomatis saat tidak menggunakannya.

5. Kurangi kecerahan layar

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: freepik

Layar ponsel adalah salah satu penguras baterai terbesar. Untuk menghemat baterai, kecilkan kecerahan layar. Kamu juga dapat mengatur ponsel untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar.

6. Gunakan tema gelap

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: freepik

Jika ponsel kamu mendukung tema gelap, gunakanlah. Tema gelap dapat membantu menghemat masa pakai baterai, terutama pada layar OLED.

7. Matikan animasi

13 Tips dan trik ini bikin baterai ponsel cerdas kamu bisa tahan lebih lama foto: freepik/vecstock

Banyak ponsel memiliki animasi yang diputar saat kamu membuka aplikasi, beralih antar aplikasi, dan melakukan hal lain. Animasi ini dapat menghabiskan daya baterai. Untuk mematikan animasi, buka pengaturan ponsel dan cari "animasi." Kamu akan melihat daftar opsi untuk mematikan berbagai jenis animasi.

(brl/red)