Bisakah memakai pengisi daya cepat dengan watt yang lebih tinggi untuk ponsel? Begini penjelasannya

Bisakah memakai pengisi daya cepat dengan watt yang lebih tinggi untuk ponsel? Begini penjelasannya

Techno.id - Saat ini hampir semua produsen smartphone menyertakan fitur pengisian daya cepat pada perangkat mereka. Besaran daya yang dihasilkan dari perangkat pengisi daya bervariasi untuk tiap produsen.Namun yang sering menjadi pertanyaan, bisakah kita menggunakan pengisi daya dengan watt yang lebih tinggi untuk ponsel cerdas? Tentu saja bisa.

Kamu dapat menggunakan pengisi daya dengan watt lebih tinggi untuk ponsel cerdas modern yang kompatibel, karena sebagian besar ponsel cerdas modern saat ini memiliki sirkuit pengisian daya internal yang mengatur jumlah daya yang dihasilkannya dari pengisi daya.

Watt pengisi daya mengacu pada keluaran dayanya, dan ini mewakili jumlah daya maksimum yang dapat dikirimkan pengisi daya ke perangkat. Dalam hal ini, pengisi daya dengan watt lebih tinggi memiliki keluaran daya yang lebih tinggi daripada yang dibutuhkan ponsel cerdas dengan watt lebih rendah.

Saat menggunakan pengisi daya dengan watt lebih tinggi dari yang dibutuhkan perangkat, tidak ada bahaya atau risiko bagi ponsel cerdas kamu. Pengisi daya hanya akan memberikan daya lebih dari yang diperlukan, tetapi ponsel cerdas hanya akan menarik jumlah daya yang dibutuhkannya.

Bisakah memakai pengisi daya cepat dengan watt yang lebih tinggi untuk ponsel? Begini penjelasannya foto: freepik/vitalii-petrushenko

Sebagian besar ponsel cerdas modern memiliki sirkuit pengisian daya internal yang mengatur jumlah daya yang mereka ambil dari pengisi daya, memastikan bahwa mereka menerima jumlah yang sesuai. Menggunakan pengisi daya cepat dengan watt yang lebih tinggi bahkan mungkin memiliki beberapa keuntungan.

Pertama, ini berpotensi mengisi daya ponsel cerdas lebih cepat, karena mampu menghasilkan lebih banyak daya. Namun, hal ini tergantung pada berbagai faktor seperti teknologi pengisian daya yang didukung ponsel cerdas kamu dan kapasitas baterainya.

Kedua, menggunakan pengisi daya dengan watt yang lebih tinggi memungkinkan kompatibilitas dengan perangkat lain yang mungkin memerlukan lebih banyak daya. Misalnya, jika kamu memiliki perangkat lain seperti laptop atau tablet yang kompatibel dengan pengisi daya 45W, kamu dapat menggunakannya secara bergantian tanpa memerlukan banyak pengisi daya.

Bisakah memakai pengisi daya cepat dengan watt yang lebih tinggi untuk ponsel? Begini penjelasannya foto: freepik/user33769719

Penting untuk diperhatikan bahwa menggunakan pengisi daya dengan watt lebih rendah untuk perangkat yang membutuhkan lebih banyak daya dapat mengakibatkan waktu pengisian yang lebih lambat.

Kesimpulannya, secara umum, menggunakan pengisi daya dengan watt lebih tinggi untuk ponsel cerdas dengan watt lebih rendah yang kompatibel atau ponsel cerdas biasa sangat aman dan tidak akan membahayakan perangkat. Sebab, ponsel cerdas hanya akan menarik jumlah daya yang dibutuhkannya, dan menggunakan pengisi daya dengan watt yang lebih tinggi bahkan dapat memberikan kemampuan pengisian daya yang lebih cepat. Tetapi menggunakan pengisi daya asli bawaan ponsel kamu lebih disarankan.

(brl/red)