Ini 10 fitur baru WhatsApp, bisa ganti background saat video call

image

Techno.id - WhatsApp merupakan platform populer untuk menjalin komunikasi secara digital. Ada berbagai fitur menarik yang ditawarkan Meta selaku pengembang WhatsApp saat ini. Mulai dari chatting, panggilan video, hingga fitur mengirimkan berbagai file ke kontak yang ada.

Sistem antarmuka yang simpel membuat WhatsApp dapat digunakan oleh semua kalangan. Bahkan WhatsApp mempunyai fitur grup agar pengguna dapat bertukar informasi secara kolektif dengan cepat. Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur story. Adanya fitur tersebut digunakan untuk berbagi aktivitas setiap harinya.

Melihat pengguna WhatsApp semakin bertambah, Meta selaku developer melakukan berbagai inovasi agar menjawab kebutuhan para user. Paling tidak terdapat 10 fitur baru yang telah dikenalkan oleh Meta saat ini. Techno.id pada Rabu (21/6) telah berhasil merangkum fitur-fitur baru WhatsApp dari berbagai sumber. Yuk simak apa saja update tambahan yang ada di WhatsApp.

1. Bisa ganti background saat video call.

Pengguna dapat mengganti background saat melakukan video call. Dengan fitur baru tersebut, melakukan video call tentu akan tambah seru. Terlebih pengguna dapat merubah secara bebas dengan warna solid atau gambar lain untuk background yang akan muncul saat video call berlangsung.

2. Penambahan kuota peserta panggilan suara grup hingga 32 orang.

update WhatsApp baru  berbagai sumber

foto: dok.WhatsApp

Sebelumnya WhatsApp hanya dapat melakukan panggilan suara grup dengan 8 peserta saja. Namun dengan adanya update terbaru, melakukan panggilan grup dapat menampung 32 peserta.

3. Mengirimkan pesan ke peserta panggilan suara grup.

Pada saat melakukan panggilan suara grup berlangsung, pengguna dapat mengirimkan sebuah pesan ke peserta lain. Fitur teranyar ini mempunyai mekanisme mirip dengan Zoom atau Google Meet. Dengan fitur ini diharapkan pengguna dapat memakai WhatsApp untuk melakukan rapat secara mudah.

4. Mute suara peserta panggilan suara grup.

update WhatsApp baru  berbagai sumber

foto: dok.WhatsApp

Admin dapat mematikan atau mute suara dari peserta panggilan suara grup. Dengan fitur ini harapannya panggilan suara grup dapat berlangsung secara kondusif, dan tidak ada suara bocor yang masuk. Fitur ini tentu cukup berguna bagi user yang akan melakukan rapat penting dan mendadak.

5. Voice message dapat di preview.

update WhatsApp baru  berbagai sumber

foto: dok.WhatsApp

Bagi pengguna yang ingin mengirimkan pesan suara namun ragu dengan isinya, WhatsApp telah dibekali dengan fitur preview. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengecek isi dari voice message sebelum dikirim.

6. Out of Chat Playback.

Out of Chat Playback dapat digunakan untuk mendengarkan isi dari pesan suara sambil melakukan chatting. Fitur ini tentu membantu bagi pengguna yang suka dengan aktivitas multitasking.

7. Jeda dan pause pesan suara.

Saat akan merekam pesan suara tak jarang pengguna ingin melakukan jeda atau pause. Terlebih pesan suara yang akan dikirim mempunyai durasi panjang. Pada update terbaru WhatsApp memberikan fitur Pause dan Resume Recording. Artinya user dapat melakukan jeda saat merekam pesan suara dan melanjutkannya kembali sesuai keinginan.

8. Penambahan opsi penghapusan pesan.

update WhatsApp baru  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Semula WhatsApp memberikan opsi penghapusan pesan otomatis pada fitur Disappearing Message atau pesan sementara dengan durasi 7 hari. Namun pada update terbaru, Meta memberikan opsi untuk memilih berapa lama waktu yang dibutuhkan agar pesan terhapus. Pengguna mendapatkan pilihan waktu mulai 24 jam atau 90 hari.

9. Peningkatan pada fitur transfer chat.

update WhatsApp baru  berbagai sumber

foto: dok.WhatsApp

Sebelumnya WhatsApp hanya dapat mentransfer Char dari iPhone ke Android. Namun pada update terbaru pengguna Android dapat melakukan transfer Chat ke iPhone. Artinya untuk transfer chat pengguna smartphone baik Android maupun iOS sudah dapat dilakukan.

10. Reactions.

update WhatsApp baru  berbagai sumber

foto: dok.WhatsApp

Sebagaimana diketahui fitur Reaksi yang ada di WhatsApp sudah dapat digunakan oleh banyak pengguna. Pada update terbaru Meta akan menambahkan berbagai opsi reaksi untuk pengguna.


(brl/guf)