10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik

10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik

Techno.id - Banyak orang memutakhirkan ponsel cerdas mereka setiap satu atau dua tahun. Bisa dimaklumi karena performa ponsel cerdas akan menurun setelah digunakan beberapa tahun.

Tetapi ada juga orang yang bisa menggunakan ponsel cerdas selama bertahun-tahun tanpa mengganti dengan yang baru. Biasanya mereka melakukan pembersihan atau merapikan ponsel cerdasnya secara berkala dari jaring laba-laba atau sampah yang menumpuk sehingga menyumbat kapasitas penyimpanan ponsel cerdas.

Cara paling efektif untuk memperbarui ponsel cerdas biasanya dengan melakukan pengaturan ulang atau reset ke setelan pabrik. Namun cara ini akan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel cerdas jika kamu tidak mencadangkannya terlebih dahulu.

Tetapi ada cara yang bisa kamu lakukan untuk merapikan ponsel cerdas tanpa menyetel ulang ke setelan pabrik. Berikut cara mudah untuk merapikan perangkat ponsel cerdas.

1. Hapus file lama yang kamu unduh

10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik foto: freepik/zaozaa09

Salah satu dari banyak trik untuk membuat ponsel Android berjalan lebih cepat adalah dengan mengosongkan penyimpanannya. Cara yang sama juga berlaku untuk iPhone. Semakin banyak kamu mengisi drive, semakin buruk kinerja perangkat. Google mengatakan ponsel cerdas akan mulai mengalami masalah saat penyimpanan kurang dari 10%.

Sementara Apple merekomendasikan untuk selalu mengosongkan setidaknya satu gigabyte ruang kosong. Menghapus media (file) lama yang diunduh adalah cara termudah untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Periksa aplikasi yang jarang kamu gunakan, memo suara, video panjang yang sudah tidak kamu perlukan.

2. Hapus pesan lama dan data aplikasi

10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik foto: freepik/suriyawutsuriya

Aplikasi perpesanan dapat dengan cepat mengisi penyimpanan dengan pesan, foto, dan video. Kamu dapat mengosongkan beberapa gigabyte hanya dengan menghapus percakapan lama, pesan suara, dan media terkirim selama bertahun-tahun.

Menggunakan Whatsapp, sebagai salah satu contoh, kamu dapat dengan mudah memutuskan apa yang akan dihapus di Obrolan > Penyimpanan dan data > Kelola penyimpanan. Ini akan memberi kamu opsi untuk mengurutkan media obrolan dari terbaru ke terlama, atau terbesar ke terkecil. Hapus obrolan lama atau video TikTok panjang yang dikirim teman dari bertahun-tahun lalu.

3. Periksa foto dan file duplikat

10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik foto: freepik/eyeem

Baik Android dan iPhone menawarkan cara mudah untuk menghapus salinan foto dan file yang tidak disengaja yang menyumbat perangkat. Google Foto di Android mendeteksi duplikat secara otomatis dan menghapusnya di latar belakang. Namun, beberapa foto mungkin masuk ke penyimpanan lokal, seperti saat kamu menyimpan foto ke folder Unduhan. Dalam hal ini, Files by Google dapat menghapus semua file duplikat (foto atau lainnya) yang diidentifikasinya.

iPhone tidak memiliki penghapusan duplikat otomatis. Buka aplikasi Foto, lalu ke Album > Utilitas > Duplikat. Kamu harus menemukan file duplikat di iPhone secara manual, atau mengunduh aplikasi pihak ketiga. Jika kamu memiliki aplikasi penyimpanan cloud untuk mencadangkan foto atau video di kedua perangkat, pertimbangkan untuk mengaktifkan Penyimpanan Cerdas (untuk Android) atau Mengoptimalkan Penyimpanan (untuk iPhone). Keduanya secara otomatis mengosongkan ruang dengan membongkar foto dan video, mengunduhnya hanya saat kamu membutuhkannya nanti.

4. Mengatur foto

10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik foto: freepik

Kamu bisa menghapus lusinan foto yang hanya dibutuhkan sesaat seperti salinan kwitansi atau tangkapan layar lama. Gunakan alat pengorganisasian album bawaan Android dan iPhone untuk mengurutkan perpustakaan kamu untuk foto-foto yang memang kamu butuhkan.

(brl/red)