Apple akan mengambil pendekatan berbeda dari Samsung untuk fitur AI di iPhone

Apple akan mengambil pendekatan berbeda dari Samsung untuk fitur AI di iPhone

Techno.id - Samsung memperkenalkan fitur AI pada Galaxy S24. Samsung menyebut Galaxy S24 sebagai ponsel AI pertamanya. Ini adalah merek ponsel cerdas pertama yang menjadi besar dengan AI. Kabarnya Apple juga akan segera mengikuti jejak Samsung, tetapi pendekatannya akan sedikit berbeda dibanding dengan saingannya dari Korea Selatan.

Menurut laporan Mark Gurman seperti dilaporkan 9to5Mac, fitur AI di iPhone akan didukung sepenuhnya oleh Large Language Model (LLM) yang dikembangkan Apple, dan semua pemrosesan AI akan dilakukan di dalam perangkat. Fitur AI ini kabarnya akan debut dengan iOS 18 dan akan dipamerkan selama WWDC 2024.

Meskipun AI di perangkat memiliki manfaat privasi dan kecepatan, namun tidak sekuat pemrosesan AI yang ditawarkan server khusus di cloud. Tetapi ada kemungkinan Apple hanya akan memperkenalkan fitur AI yang berfungsi baik dengan pemrosesan AI di perangkat. Misalnya, menawarkan balasan otomatis dan permintaan Siri yang lebih baik.

Apple akan mengambil pendekatan berbeda dari Samsung untuk fitur AI di iPhone Fitur AI di Samsung Galaxy S24 (foto: techno.id/yani andriyansyah)

Cara ini berbeda dari pendekatan Samsung dalam menggunakan campuran fitur AI yang didukung perangkat dan cloud. Samsung menggunakan campuran LLM-nya sendiri dan Google Gemini untuk pemrosesan AI.

Pengguna harus memilih untuk memproses data AI secara lokal di perangkat dengan sakelar sederhana. Seperti yang terlihat pada Galaxy S24 dan ponsel lama yang telah menerima One UI 6.1 dengan fitur AI, beberapa fitur AI bekerja dengan cepat, sementara yang lain lambat, tergantung pada beban kerja dan kerumitannya.

Meskipun Apple belum mengungkapkan fitur AI apa pun yang dapat diluncurkan dengan iOS 18, fitur ini dapat menghadirkan terjemahan bahasa yang lebih baik, koreksi otomatis yang lebih andal saat mengetik, dan fitur pengeditan gambar tingkat lanjut.

Beberapa waktu lalu, terungkap bahwa Apple sedang dalam pembicaraan dengan Google tentang penggunaan Gemini untuk mendukung beberapa fitur AI di iOS 18.

(brl/red)