9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya

9 Cara menghemat baterai smartphone saat traveling

6. Perbarui sistem operasi Android

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/denny muller

Tingkatkan ke versi terbaru OS Android sehingga ponsel kamu memiliki fitur hemat baterai terbaru. Pada Android Lollipop, mode hemat daya mematikan umpan balik haptic (getaran) pada keyboard, meredupkan layar, dan memperlambat ponsel cerdas.

Marshmallow menambahkan Mode Doze, yang aktif ketika perangkat tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama dan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang. Android Oreo berisi peningkatan yang mencegah aplikasi latar belakang menggunakan daya baterai.

7. Gunakan aplikasi hemat baterai

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: freepik/zaozaa09

Unduh aplikasi seperti Clean Master atau Juice Defender untuk mengelola aplikasi yang boros daya dan menyesuaikan pengaturan yang menguras baterai di latar belakang agar ponsel kamu tetap berjalan secara efisien.

8. Root smartphone

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/nicolas hirajeta

Rooting menawarkan manfaat penghematan baterai. Kamu dapat membersihkan ponsel dengan menghapus bloatware. Kamu juga dapat mengakses aplikasi seperti Greenify yang menghemat masa pakai baterai.

Jika kamu mem-flash ROM khusus, mungkin mendapatkan kontrol hemat daya yang disertakan dalam versi Android. Kontrol ekstra yang berasal dari rooting ponsel berarti lebih banyak kontrol terhadap baterai.

9. Selalu bawa power bank

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: freepik/plusonevector

Sangat disarankan ketika traveling untuk selalu membawa power bank sebagai sumber listrik cadangan. Sesuaikan kapasitas power bank yang kamu bawa dengan baterai perangkat dan aturan penerbangan. Sebab, jika kamu traveling menggunakan pesawat terbang ada peraturan yang membatasi kapasitas power bank yang diperbolehkan untuk di bawa di dalam pesawat terbang.

Saat ini sebenarnya ponsel pintar Android menjadi lebih efisien, karena Google menambahkan lebih banyak fitur hemat daya ke dalam OS. Namun meski begitu, kamu perlu mengantisipasi masalah daya tahan baterai agar perjalanan kamu lebih nyaman dan gak mati gaya.

(brl/red)