7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami ketika ingin mengisi ulang daya baterai iPhone, justru tidak bisa. Banyak faktor yang menyebabkan baterai iPhone tidak mau di-charge.

Namun sebelum memutuskan untuk mengganti baterai atau perangkat, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Mulai ulang iPhone

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/suwant

Memulai ulang iPhone akan menyelesaikan banyak masalah dasar yang dialami. Proses ini tidak akan menyelesaikan gangguan yang lebih serius, tetapi jika ponsel kamu tidak mau mengisi daya, lakukan restart dan coba sambungkan lagi ke sumber listrik.

2. Ganti kabel USB

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel

Pada kerusakan perangkat keras, ada kemungkinan ada masalah dengan kabel USB yang kamu gunakan untuk menyambungkan iPhone ke adaptor daya. Satu-satunya cara untuk menguji kabel adalah dengan menggunakan kabel iPhone lain.

3. Ganti adaptor

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/gutaper

Jika kamu mengisi daya iPhone menggunakan adaptor daya, bisa jadi adaptor itulah yang menghambat pengisian daya iPhone. Sama seperti kabel USB, satu-satunya cara untuk memeriksanya adalah dengan menggunakan adaptor daya lain dan mencoba mengisi daya ponsel dengan adaptor tersebut sebagai alternatif. Kamu juga bisa mencoba mengisi daya menggunakan komputer atau power bank.

4. Periksa Port USB pada kabel

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/pvproductions

Kamu membutuhkan port USB 2.0 untuk mengisi daya iPhone. Kemungkinan besar, port itulah yang kamu gunakan, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksanya. Setelah kamu tahu bahwa kamu menggunakan jenis port USB yang tepat, jika masih tidak dapat mengisi daya, mungkin port USB itu sendiri yang rusak. Untuk mengujinya, coba colokkan iPhone kamu ke port USB lain di komputer. Jika port lain tersebut dapat mengenali dan mengisi daya iPhone, port USB di komputer mungkin rusak.

Kamu juga bisa mencoba mencolokkan perangkat USB lain yang berfungsi. Pendekatan tersebut dapat membantu kamu mengesampingkan bahwa masalahnya ada pada port USB.

5. Gunakan mode pemulihan iPhone

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel

Terkadang masalah pada iPhone kamu memerlukan langkah-langkah yang lebih luas untuk mengatasinya. Salah satu langkah tersebut adalah Mode Pemulihan.

Cara ini seperti memulai ulang perangkat, tetapi dapat membantu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Saat menggunakan Mode Pemulihan, pastikan kamu menyadangkan data penting terlebih dahulu. Jika dirasa masih belum mengatasi masalah kamu bisa menggunakan opsi terakhir dengan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

6. Periksa port pengisian daya

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/goodmood_studio

Jika kamu terbiasa memasukkan iPhone ke dalam saku, bisa jadi ada serat kain dari pakaian yang tersangkut di port pengisian daya iPhone. Jika banyak kotoran, bisa menjadi penyebab iPhone tidak mau diisi daya karena konektor pengisian daya terhambat kotoran.

7. Baterai sudah mati

7 Cara mengetahui penyebab baterai iPhone tidak mau di-charge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/mego-studio

Jika tidak ada satu pun dari solusi ini yang berhasil, kemungkinan besar baterai iPhone kamu sudah mati dan perlu diganti. Jika ini yang terjadi, segera bawa perangkat kamu ke layanan perbaikan resmi.

(brl/red)