9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya

Techno.id - Saat kamu jauh dari rumah atau sedang traveling dan baterai smartphone Android kamu hampir habis, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang daya tahan baterai. Kamu bisa menghemat penggunaan baterai hingga menemukan sumber daya listrik untuk mengisi ulang daya. Berikut sembilan cara untuk menghemat masa pakai baterai smartphone Android saat traveling.

1. Matikan layanan yang tidak dibutuhkan

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/brett jordan

Wi-Fi, Bluetooth, layanan lokasi, dan NFC menguras daya baterai, meskipun perangkat tidak terhubung. Jika kamu tidak menggunakan layanan tersebut, matikan. Aktifkan mode Pesawat jika kamu berada di suatu tempat dengan sinyal yang buruk, sehingga ponsel tidak terus mencoba terhubung dengan jaringan selular yang dapat menguras baterai. Ingat, Wi-Fi dan Bluetooth tidak pernah berhenti mencari jaringan dan perangkat yang tersedia. Matikan saat kamu tidak menggunakannya.

2. Matikan smartphone

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/jamie street

Simpan baterai saat kamu benar-benar membutuhkan smartphone. Jika tidak sedang menunggu panggilan atau pesan penting, matikan ponsel. Biarkan ponsel mati hingga kamu membutuhkannya lagi.

3. Redupkan layar

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/oliur

Layar dapat dengan mudah menghabiskan daya baterai. Saat kamu membutuhkan daya tahan baterai lebih lama, turunkan kecerahan beberapa tingkat. Untuk sebagian besar perangkat, layar menggunakan daya baterai paling besar.

Pengaturan kecerahan dinamis dapat menguras baterai. Meskipun nyaman untuk membuat ponsel menyesuaikan sendiri, namun hal ini menggunakan daya baterai ketika ponsel terus menyesuaikan sendiri. Atur sendiri kecerahan untuk mengelola baterai dengan lebih baik.

4. Temukan penyebabnya

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/thom bradley

Lihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai. Buka Aplikasi & Pemberitahuan dan telusuri aplikasi yang berjalan pada ponsel. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk Aplikasi & Pemberitahuan, lalu ketuk aplikasi.

Buka bagian Baterai untuk mengetahui berapa banyak daya baterai yang digunakan aplikasi sejak pengisian daya terakhir. Ketuk Baterai untuk melihat informasi tentang bagaimana aplikasi menggunakan daya dan opsi penghematan daya yang tersedia.

Untuk menemukan informasi penggunaan baterai secara umum, buka Pengaturan dan ketuk Baterai. Pengaturan Baterai menunjukkan berapa banyak daya baterai yang tersisa, perkiraan masa pakai baterai, mode daya, dan penggunaan baterai oleh aplikasi. Aplikasi yang menggunakan daya paling banyak berada di bagian atas daftar penggunaan.

5. Batasi penggunaan aplikasi, jangan main game

9 Cara menghemat baterai Android yang hampir habis saat traveling, biar gak mati gaya foto: unsplash/onur binay

Saat kamu perlu menghemat baterai, batasi penggunaan aplikasi yang membutuhkan banyak daya baterai seperti game dan video, aplikasi yang didukung iklan, dan aplikasi yang membutuhkan koneksi jaringan. Untuk menghemat daya, gunakan ponsel sesedikit mungkin, dan matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

(brl/red)