5 Keunggulan menggunakan hard disk dibanding SSD, lebih ekonomis

5 Keunggulan menggunakan hard disk dibanding SSD, lebih ekonomis

Techno.id - Teknologi penyimpanan data terus mengalami perkembangan pesat selama beberapa dekade terakhir. Ada dua pilihan utama yang paling popular igunakan yakni hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD).

Meskipun SSD telah mendapatkan popularitas yang besar karena kecepatan dan efisiensi energinya, masih ada beberapa keunggulan yang membuat hard disk tetap relevan dalam beberapa situasi. Berikut Techno.id merangkum 5 keunggulan penggunaan hard disk dibanding dengan SSD, Senin(02/09).

1. Kapasitas penyimpanan lebih besar

5 Keunggulan menggunakan hard disk dibanding SSD, lebih ekonomis foto: freepik

Salah satu keunggulan utama hard disk adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang lebih terjangkau dibanding SSD. Bagi pengguna yang membutuhkan penyimpanan besar untuk file-file berat seperti video dan foto, hard disk tetap menjadi pilihan yang baik.

2. Harga yang lebih terjangkau

5 Keunggulan menggunakan hard disk dibanding SSD, lebih ekonomis foto: freepik/nmmobile789

SSD umumnya lebih mahal per gigabyte dibanding hard disk. Fakta ini membuat hard disk menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk pengguna yang memiliki anggaran terbatas tetapi masih membutuhkan penyimpanan yang cukup besar.

3. Daya tahan lebih baik

5 Keunggulan menggunakan hard disk dibanding SSD, lebih ekonomis foto: freepik

Hard disk memiliki daya tahan yang lebih baik dalam hal menulis dan menghapus data berulang kali. SSD memiliki batasan jumlah siklus tulis atau menghapus. Sementara hard disk tidak memiliki batasan seperti itu. Fakta ini menjadikan hard disk lebih cocok untuk aplikasi yang memerlukan penulisan data intensif, seperti sistem pengarsipan.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)