8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin

8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin

Techno.id - Ketika mengisi daya ponsel, maka adaptor pengisi daya akan sedikit panas. Kondisi tersebut normal. Namun jika terlalu panas, tentu ada masalah.

Ada berbagai faktor yang menyebabkanpengisi daya terlalu panas saat mengisi daya ponsel. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin akan menyebabkan masalah yang lebih besar, termasuk kebakaran. Berikut delapan kemungkinan penyebab pengisi daya ponsel kamu terlalu panasdan cara mengatasinya.

1. Pengisi daya tidak kompatibel dengan ponsel kamu

8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin foto: freepik/neilurs

Menggunakan pengisi daya yang tidak dirancang untuk ponsel kamu dapat menyebabkan pengisi daya menjadi panas. Pengisi daya yang dibuat khusus untuk ponsel kamu biasanya diprogram untuk memberikan jumlah daya yang dibutuhkan.

Sebaliknya, menggunakan pengisi daya dengan nilai output yang lebih rendah dari yang dibutuhkan ponsel akan membebani pengisi daya. Ponsel kamu akan menarik lebih banyak daya daripada yang dapat diberikan pengisi dayasehingga menimbulkan panas berlebih.

Ketika pengisi daya kelebihan beban, pengisi daya harus bekerja lebih keras untuk memasok daya yang cukup ke perangkat. Akibatnya, pengisi daya menjadi panas, dan jika panasnya tidak dingin tepat waktu, dapat menyebabkan kebakaran.

2. Menggunakan pengisi daya yang rusak

8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin foto: freepik/aghavni001

Pengisi daya ponsel dikatakan rusak ketika komponen di dalamnya tidak bekerja secara optimal. Jika komponen pengisi daya tidak dapat menangani daya atau tegangan yang mengalir melaluinya, kondisi tersebut dapat menyebabkan panas berlebih.

Banyak pengisi daya yang rusak beredar di pasaran, terutama yang palsu yang diproduksi dengan tingkat keamanan rendah. Pengisi daya bisa rusak jika kamu menggoyangkan dan menekuk kabel dengan cara yang ekstrem.

3. Menggunakan pengisi daya ultra cepat

8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin foto: freepik/user3802032

Pengisian daya yang cepat menghasilkan lebih banyak panas daripada pengisian daya normal. Untuk mengurangi panas yang dihasilkan, produsen ponsel terkadang menerapkan manajemen daya di pengisi daya, bukan di ponsel. Jadi, sementara ponsel kamu tetap dingin, pengisi daya menangani sebagian besar panas.

Jika kamu menggunakan adaptor ultra cepat dan menjadi panas, kondisi tersebut normal. Seharusnya kondisi tetap baik-baik saja jika kamu menghindari mengisi daya di bawah sinar matahari langsung, yang akan menyumbang lebih banyak panas.

4. Mengisi daya di lingkungan yang panas

8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin foto: freepik/vadish

Mengisi daya ponsel di dalam mobil yang panas atau di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan pengisi daya menjadi terlalu panas.

Ingatlah bahwa pengisi daya menghasilkan panas. Jika panas tersebut dikombinasikan dengan panas dari lingkungan sekitar maka dapat merusak komponen internal pengisi daya. Komponen internal yang rusak dapat menyebabkan korsleting dan panas berlebih.

(brl/red)