8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling

8 Cara mudah menghemat baterai saat traveling

5. Mengurangi batas waktu layar

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik

Pengaturan batas waktu layar di ponsel akan menentukan berapa lama layar tetap aktif saat kamu tidak menggunakannya. Kamu bisa mencoba mengurangi penundaan ini untuk melihat apakah itu berpengaruh pada masa pakai baterai.

Di iOS, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci Otomatis.

Di Android, Buka Pengaturan > Tampilan > Batas waktu layar. Beberapa model memiliki Perhatian Layar, yang mencegah layar mati jika kamu melihatnya.

6. Hapus widget yang tidak diperlukan

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik/andreyarmyagov

Widget dapat menjadi tambahan yang brilian untuk ponsel cerdas jika kamu ingin mempersonalisasi layar beranda. Misalnya, kamu dapat menggunakan widget Google Kalender untuk memeriksa jadwal secara sekilas, atau widget Spotify untuk mengakses musik dengan cepat.

Namun, widget menghabiskan sumber daya sistem dan sering diperbarui di latar belakang, yang dapat berdampak pada masa pakai baterai.

Di iOS, tekan dan tahan widget untuk memilihnya, lalu pilih Hapus Widget.

Di Android, Tekan dan tahan widget untuk memilihnya, lalu seret ke atas ke tombol Hapus di bagian atas layar beranda.

7. Pastikan memperbarui perangkat lunak

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik/raw;pixel.com

Jika kamu mengalami penurunan masa pakai baterai secara tiba-tiba, pastikan ponsel kamu menjalankan perangkat lunak terbaru. Pembaruan dapat membuat beberapa perubahan di belakang layar (perbaikan bug dan peningkatan kinerja) yang membantunya berjalan lebih lama.

Untuk memastikan ponsel cerdas kamu mutakhir, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

Di iOS, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat lunak.

Di Android, buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan sistem.

Jika kamu menggunakan Android, perhatikan bahwa langkah-langkah yang tepat akan bervariasi tergantung pada pabrikannya. Kamu juga dapat mencoba mengetik Pembaruan di bilah pencarian ponsel (bukan browser web).

8. Gunakan power bank

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik/pvproductions

Power bank portabel adalah cara yang bagus untuk mengisi ulang baterai ponsel cerdas saat tidak ada soket listrik yang bisa digunakan. Power bank pada dasarnya adalah baterai isi ulang yang dirancang untuk mengisi daya gadget lain.

Ada tiga faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli power bank, kapasitasnya (dalam mAh), opsi konektivitasnya, dan apakah mendukung pengisian cepat atau tidak. Pikirkan juga tentang ukuran dan daya tahannya.

Power bank berkapasitas tinggi akan dapat menahan dan mengirimkan lebih banyak daya ke ponsel cerdas. Untuk memberi kamu gambaran kasar, power bank berkapasitas 10.000 mAh seharusnya memiliki daya yang cukup untuk mengisi daya sebagian besar ponsel cerdas sekitar dua kali lipat. Power bank berkapasitas lebih tinggi memiliki lebih banyak daya tetapi cenderung lebih besar.

Power bank terbaik memiliki lebih dari satu koneksi dan memiliki port USB-A dan USB-C. Idealnya, kamu menginginkan yang dapat mengisi daya melalui semua portnya secara bersamaan.

(brl/red)