Simak 3 faktor utama yang menentukan masa pakai baterai smartphone, begini penjelasannya

Simak 3 faktor utama yang menentukan masa pakai baterai smartphone, begini penjelasannya

Techno.id - Masa pakai baterai smartphone merupakan salah satu faktor yang sampai saat ini menjadi perhatian pengguna. Dengan berbagai peningkatan fitur dan spesifikasi smartphone yang semakin canggih, membuat perangkat makin membutuhkan daya yang cukup besar.

Sebut saja mengenai layar smartphone yang semakin besar, otomatis membutuhkan energi yang juga besar. Begitu juga dengan penggunaan chipset yang semakin kencang juga membutuhkan asupan energi yang besar.

Belum lagi makin banyak aplikasi yang diinstal di dalam peranhkat, akan menambah beban daya baterai. Ditambah lagi dengan kebiasaan buruk pengguna, baik saat dioperasikan maupun ketika mengisi daya, semakin menambah beban baterai.

Berikut tiga faktor utama yang menentukan masa pakai baterai smartphone bisa bertahan lama dan ini harus menjadi perhatian pengguna.

1. Siklus pengisian dan pengosongan

Simak 3 faktor utama yang menentukan masa pakai baterai smartphone, begini penjelasannya foto: freepik/waalenok

Baterai ponsel biasanya memiliki jumlah siklus pengisian atau pengosongan tertentu yaitu antara 300 dan 500. Siklus pengisian daya berarti beralih dari baterai penuh ke benar-benar kosong dan kemudian kembali terisi penuh lagi.

Secara realistis, baterai memerlukan beberapa pengisian daya untuk menyelesaikan satu siklus penuh. Jadi sulit untuk menghitung berapa banyak siklus yang kamu gunakan. Masa pakai baterai akan berkurang seiring penggunaan, dan hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah memperlambat proses tersebut dengan memperhatikan kebiasaan pengisian daya ponsel kamu.

2. Temperatur

Simak 3 faktor utama yang menentukan masa pakai baterai smartphone, begini penjelasannya foto: freepik/eva058929

Produsen ponsel cerdas menyarankan kamu hanya menggunakan perangkat di tempat dengan suhu sekitar antara 0 dan 35 derajat Celcius. Ponsel cerdas dirancang untuk mati saat suhu tidak sesuai saat digunakan. Faktor ini akan menjaga ponsel cerdas kamu aman dari kerusakan. Tetapi jika kamu benar-benar perlu menggunakannya untuk navigasi, panggilan penting, atau bahkan keadaan darurat, ini bisa sangat merepotkan.

Suhu ekstrem dapat merusak baterai ponsel cerdas secara permanen setelah beberapa kali terpapar. Variasi suhu yang dramatis juga harus dihindari karena dapat menyebabkan kelembapan terperangkap di dalam ponsel kamu dan merusak komponen.

3. Pengisi daya

Simak 3 faktor utama yang menentukan masa pakai baterai smartphone, begini penjelasannya foto: freepik/macrovector

Menggunakan pengisi daya yang berbeda dari bawaan ponsel cerdas kamu, sebenarnya tidak masalah dan tidak akan merusak baterai. Selama pengisi daya tersebut sesuai dengan standard yang disarankan produsen ponsel cerdas kamu. Masalah akan timbul jika kamu menggunakan pengisi daya tiruan yang berkualitas rendah.

Sebab pengisi daya ini biasanya jauh lebih murah daripada yang asli. Pengisi daya ini tidak diproduksi sesuai dengan standar industri, dan tidak memiliki perlindungan fisik dan teknologi yang kamu dapatkan dari pengisi daya bermerek. Pengisi daya tiruan tidak hanya dapat merusak baterai ponsel, tetapi juga bisa menimbulkan ledakan berbahaya.

Baterai modern memiliki chip internal yang membantu mengatur input yang berasal dari pengisi daya. Jadi, meskipun kamu menggunakan pengisi daya cepat dengan ponsel cerdas yang tidak dapat menerima voltase sebanyak itu, ponsel cerdas hanya akan mengisi daya dengan kecepatan yang dirancang untuk baterainya.

Apakah pengisian daya nirkabel buruk untuk baterai? Panas menjadi masalah saat menggunakan pengisi daya jenis ini yang tidak sesuai standard.

Sebab jika pengisi daya nirkabel bersertifikat berkualitas baik, memiliki bantalan dengan pendingin internal yang dirancang untuk menjaga ponsel cerdas kamu pada suhu yang tepat saat mengisi daya. Pengisi daya jenis ini juga memiliki keuntungan mengurangi kerusakan mekanis pada port pengisian daya ponsel cerdas.

Ponsel cerdas saat ini hadir dengan berbagai protokol dan kecepatan pengisian daya yang memerlukan perangkat pengisi daya yang kompatibel agar pengisian cepat dapat dilakukan. Tanpa kompatibilitas, pengisi daya cepat hanya akan berfungsi sebagai pengisi daya biasa.

(brl/red)