8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling

Techno.id - Saat daya ponsel cerdas kamu hampir habis, apalagi jika kamu jauh dari sumber listrik ketika sedang traveling, jelas bikin stres. Kalau sudah begitu, kamu pasti mati gaya karena tidak akan bisa maksimal menggunakan ponsel cerdas. Khawatir jika tiba-tiba mati.

Tetapi ada beberapa cara untuk membuat perangkat kamu bertahan lebih lama, cukup dengan mengubah pengaturan. Baik kamu menggunakan Apple iPhone atau Android, beberapa penyesuaian sederhana dapat membuat ponsel cerdas kamu bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mengubah pengaturan pada ponsel cerdas yang kamu gunakan saat traveling.

1. Kurangi kecerahan layar

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik/rawpixel.com

Layar yang besar dan terang dapat menguras baterai ponsel cerdas kamu. Jadi sebaiknya gunakan penggeser kecerahan di pusat kontrol. Di Android dan iOS, kamu dapat mengakses penggeser kecerahan layar dengan menarik ke bawah dari bagian atas layar (tarik ke bawah dari sudut kanan atas di iPhone). Kamu akan melihat ikon matahari yang dapat kamu seret secara horizontal (Android) atau vertikal (iPhone).

Beberapa ponsel cerdas akan memiliki fitur kecerahan layar adaptif. Ini secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan agar sesuai dengan lingkungan sekitar. Jika kamu menggunakan ponsel di malam hari, misalnya, mode ini akan menurunkan kecerahan tanpa kamu harus mengubah fitur penggeser. Untuk menggunakan kecerahan layar adaptif pada ponsel yang kompatibel, ikuti langkah-langkah berikut.

Di iOS, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > True Tone.

Di Android, buka Pengaturan > Tampilan > Kecerahan adaptif.

2. Beralih ke mode pesawat

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik/tete_escape

Menonaktifkan sementara semua komunikasi nirkabel akan menghemat banyak daya. Kamu selalu dapat mengaktifkannya kembali saat perlu memeriksa pesan atau menelepon.

Mode pesawat dapat ditemukan melalui sakelar di pusat kontrol ponsel cerdas kamu. Sekali lagi, geser ke bawah dari atas layar perangkat (pojok kanan atas di iPhone) dan cari ikon pesawat.

Jika kamu ingin menonton TV saat bepergian, pertimbangkan untuk mengunduh konten di rumah (misalnya, di aplikasi Netflix) saat ponsel kamu sedang diisi dayanya. Kemudian, beralih ke mode Pesawat saat kamu bepergian.

3. Aktifkan mode daya rendah

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik/dbenitostock

Sebagian besar ponsel cerdas sekarang memungkinkan pengguna beralih ke mode yang membatasi fungsi latar belakang tertentu untuk membantu baterai bertahan lebih lama.

Di iOS, ketuk Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.

Di Android, pilih Pengaturan bervariasi, tetapi kamu harus menemukannya di bawah Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai atau Mode Hemat Daya.

4. Nonaktifkan fungsi lokasi

8 Cara mudah meningkatkan masa pakai baterai di iPhone dan Android saat traveling foto: freepik

Mematikan pelacakan lokasi akan mencegah aplikasi tertentu (seperti aplikasi peta) berfungsi dengan baik, tetapi ini adalah cara yang efektif untuk menghemat daya.

Di iOS, pilih Pengaturan > Privasi & Keamanan > Layanan Lokasi.

Di Android, ketuk Pengaturan > Lokasi.

Perhatikan bahwa menonaktifkan pengaturan lokasi kamu akan menghentikan layanan yang kamu gunakan untuk melacak ponsel cerdas kamu jika hilang. Misalnya, aplikasi Find my iPhone di iOS atau Find My Device di Android, atau SmartThings Find di model Samsung. Ingatlah untuk mengaktifkan kembali pelacakan lokasi saat baterai prangkat kamu kembali terisi penuh.

(brl/red)