8 Cara mempercepat ponsel cerdas Android yang tiba-tiba lemot

8 Cara mempercepat ponsel cerdas Android yang tiba-tiba lemot

8 Cara mempercepat ponsel cerdas

5. Periksa pembaruan aplikasi Android secara berkala

8 Cara mempercepat ponsel cerdas Android yang tiba-tiba lemot foto: unsplash/andrew m

Versi aplikasi yang lebih lama tidak hanya berkontribusi pada kinerja yang lambat tetapi juga memudahkan malware dan serangan peretasan untuk menyelinap ke sistem operasi Android.

6. Mulai ulang ponsel setiap beberapa hari

8 Cara mempercepat ponsel cerdas Android yang tiba-tiba lemot foto: unsplash/priscilla du preez

Praktik ini membebaskan penyimpanan dan memori internal dengan membersihkan sampah digital yang terakumulasi. Cara ini elalu merupakan langkah pertama yang bagus ketika ponsel tidak berfungsi dengan baik.

7. Hapus widget yang berlebihan

8 Cara mempercepat ponsel cerdas Android yang tiba-tiba lemot foto: unsplash/william hook

Widget adalah cara yang bagus untuk memulai fitur-fitur khusus dalam sebuah aplikasi tanpa memuat dan menavigasi seluruh aplikasi. Tetapi menambahkan terlalu banyak widget, beberapa di antaranya menghabiskan banyak ruang layar, dapat menambah jumlah layar beranda.

Widget menghabiskan sumber daya sistem, yang selanjutnya mengurangi RAM dan masa pakai baterai. Jadi copot semua kecuali Widget pintasan terbaik untuk fitur aplikasi yang paling penting.

8. Sesuaikan kecepatan refresh

8 Cara mempercepat ponsel cerdas Android yang tiba-tiba lemot foto: unsplash/ali pli

Kecepatan refresh layar Android mengontrol seberapa cepat layar merespons gambar yang diperbarui. Semakin tinggi kecepatannya, semakin cepat atau lancar penyegaran layar terjadi. Semakin tinggi hertz atau kecepatan refresh seperti 120Hz, semakin cepat layar merespons dan menyegarkan.

Buka Pengaturan dan ketuk Tampilan. Sebagian besar ponsel Android menawarkan pilihan penyegaran seperti Otomatis yang mengaktifkan pengoptimalan cerdas. Untuk refresh 60Hz, memberikan penyegaran yang mulus dan konsumsi baterai yang lebih rendah. Sementara 120Hz, untuk penyegaran yang lebih lancar dan konsumsi baterai yang lebih tinggi.

Langkah-langkah dia atas untuk memperbarui ponsel cerdas Android secara efektif, mengembalikannya ke kondisi responsif dan efisien seperti penggunaan pertamanya. Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut, kamu akan melihat peningkatan signifikan dalam kecepatan dan kinerja perangkat secara keseluruhan sehingga meningkatkan pengalaman digital harian kamu.

(brl/red)