Cara mengambil tangkapan layar di ponsel cerdas atau tablet Android

Cara mengambil tangkapan layar di ponsel cerdas atau tablet Android

Techno.id - Terkadang, kamu perlu mengambil gambar diam tentang apa yang terjadi di layar perangkat atau disebut tangkapan layar. Meskipun ini dulunya merepotkan di Android, kini semua perangkat modern membuatnya sangat mudah dilakukan. Berikut cara kerjanya di banyak perangkat Android.

Cara mengambil tangkapan layar di Android

Perangkat Android dapat sangat bervariasi dalam hal cara kerjanya. Untungnya, sebagian besar ponsel dan tablet Android, dapat mengambil tangkapan layar dengan metode yang sama.

Cukup tekan dan tahan kedua tombol Daya + Volume Turun selama satu detik. Layar akan berkedip, dan kamu akan melihat pratinjau gambar mini tangkapan layar di sudut layar. Ini akan terlihat berbeda tergantung pada ponsel kamu.

Kamu akan melihat opsi untuk segera membagikan dan mengedit gambar, ditambah beberapa perangkat juga memiliki opsi Tangkap Lebih Banyak untuk menggulir tangkapan layar.

Cara mengambil tangkapan layar di perangkat Samsung Galaxy

Cara mengambil tangkapan layar di ponsel cerdas atau tablet Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Metode di atas berfungsi pada perangkat Samsung Galaxy, tetapi ada juga beberapa metode lain yang dapat kamu gunakan. Samsung menyertakan banyak metode untuk mengambil tangkapan layar.

Selain metode tombol Daya + Volume Turun, ada juga gerakan telapak tangan, Smart Select untuk menangkap bagian layar, dan Hey Bixby. Kamu masih akan melihat pratinjau kecil tangkapan layar di sudut layar dengan beberapa opsi langsung untuk berbagi dan mengedit.

(brl/red)