Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iCloud agar jadi lebih lega

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iCloud agar jadi lebih lega

Techno.id - Penyimpanan iCloud hampir habis? Kamu bisa memaksimalkan ruang dengan menghapus item yang tidak diinginkan dan membuat pengoptimalan penyimpanan lainnya untuk memastikan penyimpanan iCloud tidak cepat terisi.

Namun sebelum kamu menghapus konten yang ada di iCloud, sebaiknya periksa apa saja yang menghabiskan penyimpanan iCloud kamu. Caranya juga terbilang mudah.

Di iPhone, buka Pengaturan > [ID Apple] > iCloud > Kelola Penyimpanan Akun. Di Mac, klik logo Apple di bilah menu dan buka Pengaturan Sistem > ID Apple > iCloud. Lalu, klik Kelola.

Cara ini akan memberi tahu kamu apa yang menggunakan ruang di akun iCloud. Bagi kebanyakan orang, ini kemungkinan besar adalah foto, pesan, cadangan iCloud, iCloud Drive, dan aplikasi.

Setelah mengetahui konten apa saja yang boros ruang di iCloud, kamu bisa memilih konten yang tidak kamu gunakan untuk dihapus. Berikut cara mengosongkan ruang di iCloud.

1. Hapus cadangan iCloud yang tidak diinginkan

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iCloud agar jadi lebih lega foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu telah memiliki beberapa perangkat iOS selama bertahun-tahun, kemungkinan besar masing-masing perangkat ini memiliki cadangannya sendiri yang tersimpan di akun iCloud kamu. Kamu dapat menghapus cadangan perangkat lama yang tidak lagi kamu gunakan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Di iPhone, buka Pengaturan > [ID Apple] > iCloud > Kelola Penyimpanan Akun > Cadangan.

2. Sekarang, kamu akan melihat perangkat mana yang telah dicadangkan. Pilih perangkat yang tidak kamu gunakan lagi dan ketuk Hapus Cadangan. Ini akan menghapus cadangan tersebut dari iCloud.

3. Kamu juga dapat mengetuk cadangan perangkat yang masih kamu gunakan dan menghentikan aplikasi tertentu menyimpan datanya di akun iCloud kamu. Pilih perangkat dan pilih Tampilkan Semua Aplikasi. Sekarang, nonaktifkan pencadangan secara manual untuk aplikasi tertentu dan ketuk Matikan. Ini akan menghapus data aplikasi untuk aplikasi tersebut dari cadangan iCloud kamu berikutnya.

Jika kamu menggunakan Mac, buka menu Apple > Pengaturan Sistem > ID Apple > iCloud. Kemudian, klik Kelola dan pilih Cadangan. Kamu sekarang dapat memilih cadangan mana yang akan dihapus. Tetapi jika kamu tidak ingin menghapus cadangan dan membutuhkan lebih banyak ruang, jangan lupa bahwa kamu dapat memperkecil ukuran cadangan iPhone dan menghapus data aplikasi dari iCloud untuk membantu mengosongkan penyimpanan.

2. Mengubah pengaturan kamera iPhone

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iCloud agar jadi lebih lega foto: freepik/stockfoo

Tinjau pengaturan kamera iPhone untuk memastikan kamu tidak menggunakan lebih banyak ruang daripada yang diperlukan di iCloud. Kamu harus memilih apakah dapat beralih ke video 720p atau 1080p, bukan 4K.

Di iPhone (atau iPad), buka Pengaturan > Kamera > Format. Untuk menghemat ruang, pilih Efisiensi Tinggi. Perhatikan bahwa ini akan menyimpan foto dan video kamu masing-masing dalam format HEIF dan HEVC, yang tidak didukung secara luas seperti JPG dan MP4.

Sekarang, kembali ke pengaturan Kamera dan ketuk Rekam Video. Idealnya, kamu harus memilih kecepatan bingkai dan resolusi terendah. Kamu tidak akan mendapatkan video yang paling halus atau berkualitas tinggi dengan cara ini, tetapi akan menghemat ruang iCloud.

Demikian juga, pilih opsi Rekam Slo-mo di pengaturan Kamera dan pilih pengaturan kecepatan bingkai yang lebih rendah. Selain itu, matikan Live Photo dengan membuka Pengaturan > Kamera > Pertahankan Pengaturan. Cara ini akan menghentikan iPhone merekam video berdurasi tiga detik dari setiap foto yang kamu ambil.

3. Pangkas perpustakaan foto

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iCloud agar jadi lebih lega foto: apple

Sekarang setelah kamu mengurangi berapa banyak ruang yang dibutuhkan foto, saatnya untuk mulai menghapus item yang tidak diinginkan dari perpustakaan foto.

Buka aplikasi Foto dan ketuk Album > Video. Sekarang kamu dapat mengetuk Pilih di pojok kanan atas dan menghapus semua video yang tidak kamu perlukan. Demikian pula, kamu dapat mengunjungi album untuk item berikut, Live Photos, Bursts, Panoramas, Slo-mo, Selang waktu, Tangkapan Layar, Rekaman Layar, dan lainnya.

Menghapus konten tersebut akan mengosongkan banyak ruang dengan cepat. Terakhir, tinjau album Terbaru di aplikasi Foto untuk melihat apakah kamu dapat menghapus beberapa gambar.

(brl/red)