8 Cara memperbaiki laptop yang tidak mau di-charge, selalu gunakan pengisi daya ori

8 Cara memperbaiki laptop yang tidak mau di-charge, selalu gunakan pengisi daya ori

Techno.id - Apakah laptop kamu tidak dapat diisi dayanya meskipun sudah dicolokkan ke sumber listrik? Bisa jadi masalahnya adaptor pengisi daya tidak terhubung dengan benar. Bisa juga karena BIOS yang kedaluwarsa atau kerusakan pada driver baterai. Apa pun alasannya, berikut adalah cara memperbaiki laptop yang tidak mengisi daya.

1. Periksa adaptor laptop

8 Cara memperbaiki laptop yang tidak mau di-charge, selalu gunakan pengisi daya ori foto: techno.id/yani andriyansyah

Hal pertama yang harus kamu periksa, apakah kabel daya tersambung dengan benar ke adaptor. Jika sambungan kendor, adaptor tidak akan menerima daya, sehingga laptop tidak dapat diisi dayanya.

Jika sambungan kabel daya ke adaptor longgar, berikan tekanan lembut untuk memasukkannya dengan kuat ke dalam adaptor. Kamu juga dapat mencabut kabel daya sepenuhnya lalu mencolokkannya kembali.

2. Hubungkan adaptor laptop ke soket yang berbeda

8 Cara memperbaiki laptop yang tidak mau di-charge, selalu gunakan pengisi daya ori foto: freepik/pcprodusctions

Laptop mungkin tidak dapat mengisi daya jika soket tempat steker adaptor yang terhubung tidak berfungsi. Untuk memverifikasi ini, masukkan steker adaptor ke soket lain dan periksa apakah laptop mulai mengisi daya. Jika ya, ini mengonfirmasi bahwa soket atau sakelar tidak berfungsi.

3. Gunakan pengisi daya asli

8 Cara memperbaiki laptop yang tidak mau di-charge, selalu gunakan pengisi daya ori foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu juga harus memastikan bahwa menggunakan pengisi daya asli yang disertakan dengan laptop untuk pengisian daya yang optimal. Meskipun pengisi daya pihak ketiga mungkin menawarkan pengisian cepat atau keuntungan lainnya, pengisi daya tersebut seringkali merusak perangkat.

Misalnya, menggunakan pengisi daya palsu yang mengklaim pengisian cepat pada laptop yang tidak mendukungnya dapat merusak baterai dengan memberikan tingkat daya yang salah. Demikian pula, jika kamu mencoba mengisi daya laptop yang mendukung pengisian daya USB-C dengan pengisi daya ponsel cerdas, kemungkinan besar akan mengalami masalah pengisian daya, karena catu daya dari pengisi daya ponsel cerdas biasanya lebih rendah daripada yang dibutuhkan laptop. Pengisi daya palsu sering mengisi daya laptop dengan sangat lambat atau, dalam beberapa kasus, tidak mengisi daya sama sekali.

4. Periksa port pengisian daya dan pin kabel

8 Cara memperbaiki laptop yang tidak mau di-charge, selalu gunakan pengisi daya ori foto: freepik/goffkein

Jika laptop kamu masih tidak dapat diisi dayanya, coba periksa port pengisi daya laptop dengan cermat apakah ada debu atau kotoran yang mungkin menumpuk di dalamnya. Debu atau kotoran akan mencegah pengisi daya memasok daya ke laptop, yang pada akhirnya menyebabkan masalah.

Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotorannya. Namun, berhati-hatilah saat membersihkan, karena port pengisi daya sangat sensitif. Jika tidak hati-hati kamu bisa merusaknya. Kamu juga bisa menggunakan udara kaleng jika perlu.

Kamu juga harus memeriksa pin pengisi daya dengan cermat. Seringkali, pin pengisi daya akan putus karena tekanan yang tidak merata atau dimasukkan ke port yang salah.

(brl/red)