8 Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya

8 Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya

Techno.id - Apakah iPhone kamu macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup? Saat baterai iPhone mati, itu menunjukkan ikon baterai merah kosong dengan kabel. Ini menunjukkan bahwa kamu perlu mengisi daya ponsel untuk menggunakannya kembali. Biasanya, kamu harus menunggu 5-10 menit hingga perangkat menyala kembali.

Tetapi bagaimana jika tidak melewati layar pengisian daya? Ini bisa menjadi kesalahan di mana perangkat kamu tetap beku selama beberapa jam, dan sulit untuk mengetahui apakah perangkat sedang diisi dayanya.

Jadi, jika kamyu menghadapi situasi serupa, jangan khawatir. iPhone yang macet di layar pengisian daya adalah masalah umum yang mengganggu banyak orang. Pengguna juga melaporkan iPhone macet di logo Apple. Tapi, dengan setiap masalah ada solusinya.

1. Pastikan iPhone sedang diisi dayanya

8 Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya foto: freepik/rawpixel

Saat iPhone kamu hanya menampilkan layar baterai lemah, mungkin kamu berpikir iPhone tidak mengisi daya dengan benar. Ini sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa kabel pengisi daya, adaptor, dan stopkontak semuanya berfungsi.

Kamu dapat melakukannya dengan mencolokkan kabel atau adaptor yang sama ke telepon lain dan melihat apakah itu berfungsi. Atau, sambungkan iPhone kamu ke kabel pengisi daya lain. Stopkontak dapat diperiksa dengan mencolokkan perangkat listrik lain ke dalamnya. Jika salah satu dari hal-hal ini tidak berhasil, baterai iPhone bukanlah masalahnya.

Kemudian, kamu perlu mendapatkan pengganti aksesori yang rusak agar iPhone dapat diisi ulang kembali. Disarankan juga untuk membersihkan port lightning iPhone karena pada area tersebut mungkin menumpuk debu yang menyebabkan mencegahnya terisi daya.

Jika semua yang disebutkan di atas berfungsi dengan benar, iPhone kamu mungkin macet di layar pengisian daya. Jadi, lanjutkan ke metode berikut dan pelajari cara memperbaiki masalah tersebut.

2. Biarkan baterai iPhone mati total

8 Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya foto: freepik/rawpixel.com

Jika iPhone kamu tidak menampilkan apa pun selain baterai merah dan ikon petir di layar selama beberapa waktu, sebaiknya lepaskan dari pengisian daya. Kuras baterai dan biarkan mati seluruhnya, sehingga perangkat mati dengan sendirinya.

Biarkan iPhone selama sekitar setengah jam sebelum mencolokkan kembali pengisi daya. Kemudian, periksa untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

3. Lakukan reboot cepat

8 Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya foto: freepik

Restart sederhana dapat dengan mudah menghilangkan sebagian besar gangguan perangkat lunak. Jadi, jika layar pengisian daya iPhone kamu membeku, pertimbangkan untuk menguji metode ini. Meskipun menghidupkan dan mematikan daya standar tidak akan efektif, lakukan hard reboot.

Langkah-langkah untuk melakukan force restart pada iPhone berbeda-beda tergantung modelnya. Untuk iPhone 8 dan model yang menyertakan ID Wajah, berikut cara melakukannya.

1. Tekan dan lepaskan tombol volume naik dengan cepat.

2. Kemudian, tekan dan lepaskan tombol volume turun dengan cepat.

3. Kemudian, tekan dan tahan tombol samping dan lepaskan setelah logo Apple muncul di layar.

Untuk memulai ulang paksa iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan lama tombol volume turun dan tombol Tidur/Bangun secara bersamaan.

2. Lepaskan kedua tombol setelah kamu melihat logo Apple muncul di layar.

Jika kamu memiliki iPhone 6 atau model sebelumnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan hard reboot.

1. Tekan lama tombol Tidur / Bangun dan tombol Beranda secara bersamaan.

2. Lepaskan kedua tombol saat logo Apple muncul di layar.

4. Panaskan baterai iPhone

8 Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya foto: freepik/diana-grytsku

Jika baterai iPhone kamu mati sementara, memanaskannya adalah metode untuk membuatnya berfungsi kembali. Ini meningkatkan voltase, cukup untuk mengisi daya perangkat dengan benar. Cara cerdas untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pengering rambut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Lepaskan iPhone dari kabel pengisi daya.

2. Letakkan iPhone menghadap ke bawah.

3. Selanjutnya, ambil pengering rambut dan arahkan panasnya ke sisi kanan belakang iPhone, di mana baterainya berada dengan jarak antara pengering rambut dan iPhone sekitar 25 hingga 30 cm.

4. Terus panaskan selama sekitar 30 detik hingga satu atau dua menit.

5. Setelah itu, colokkan kembali pengisi daya ke iPhone. Logo Apple akan menggantikan logo baterai berwarna merah. Jika tidak, hidupkan secara manual dengan menekan tombol samping.

Jika iPhone masih menampilkan layar pengisian daya, jangan khawatir. Ada banyak metode lain yang bisa kamu coba.

(brl/red)