6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya

Techno.id - Mungkin kamu pernah merasa baterai iPhone terkuras lebih cepat dari yang seharusnya. Masalah ini sering membuat kamu frustrasi karena harus terus-menerus mengisi daya ponsel sepanjang hari. Jika tidak, bisa jadi iPhone akan mati saat kamu sangat membutuhkannya.

Ada banyak penyebab mengapa baterai iPhone kamu cepat habis. Tetapi banyak juga solusi untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Penyebab umum baterai cepat habis

Ada beberapa penyebab umum baterai cepat habis yang mungkin tidak kamu sadari. Dengan mengidentifikasi penyebab ini, kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengoptimalkan masa pakai baterai.

1. Kecerahan tampilan dan pengaturan waktu aktif layar

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya foto: freepik/dragana-gordic

Kecerahan layar iPhone dapat berdampak signifikan pada masa pakai baterai. Jika layar terlalu terang, baterai dapat terkuras dengan cepat. Demikian pula, jika pengaturan batas waktu layar disetel terlalu lama, itu juga dapat mengurangi masa pakai baterai. Pertimbangkan untuk menyesuaikan pengaturan ini untuk membantu menghemat baterai.

2. Penyegaran aplikasi latar belakang dan aktivitas aplikasi latar belakang

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya foto: freepik/amenic181

Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat menyebabkan baterai lebih cepat habis. Jika kamu memiliki aplikasi yang sering disegarkan atau memiliki aktivitas latar belakang yang berlebihan, aplikasi tersebut dapat menggunakan lebih banyak daya baterai daripada yang diperlukan.

Untuk mengurangi pengurasan baterai, kamu dapat menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang dan menutup paksa aplikasi saat tidak menggunakannya.

3. Pemberitahuan push email dan aplikasi

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya foto: freepik/fellownekocat

Push email dan pemberitahuan aplikasi dapat membantu, tetapi juga dapat menghabiskan banyak daya baterai. Pertimbangkan untuk menyesuaikan pengaturan notifikasi agar hanya menerima peringatan untuk hal yang paling penting atau mematikan email push sama sekali.

4. Layanan lokasi dan penggunaan GPS

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Layanan lokasi dan penggunaan GPS juga dapat mengurangi masa pakai baterai secara signifikan. Jika kamu tidak perlu menggunakan GPS, pertimbangkan untuk mematikan layanan lokasi untuk membantu menghemat baterai.

5. Sinyal selular yang buruk dan penggunaan data selular yang berlebihan

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya foto: freepik/gesrey

Jika sinyal selular iPhone kamu buruk atau jika menggunakan banyak data selular, itu juga dapat mengurangi masa pakai baterai. Pertimbangkan untuk menggunakan Wi-Fi jika memungkinkan atau beralih ke mode pesawat untuk menghemat daya baterai.

6. Baterai sudah tua dan rusak

6 Penyebab umum baterai iPhone cepat terkuras, begini cara mengatasinya foto: freepik/pravute

Jika iPhone kamu berusia beberapa tahun, baterainya mungkin rusak, yang dapat menyebabkannya terkuras lebih cepat dari biasanya. Dalam hal ini, mengganti baterai dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

(brl/red)