Matikan 2 Pengaturan iOS ini untuk membuat baterai iPhone bertahan lebih lama

Matikan 2 Pengaturan iOS ini untuk membuat baterai iPhone bertahan lebih lama

Techno.id - Jika kamu memiliki iPhone yang lebih lama dan tidak berencana untuk beralih ke model yang lebih baru dalam waktu dekat, kamu mungkin ingin mengoptimalkan baterai agar ponsel tetap terasa seperti baru. Sebagian besar masalah baterai iPhone dapat dicegah dengan mengambil beberapa langkah sederhana, seperti menggunakan "pengisian daya yang dioptimalkan", menghindari iPhone terlalu panas dan tidak membiarkan baterai terkuras hingga nol.

Berikut dua fitur di iOS 16 dan iOS 17 yang keduanya membebani baterai iPhone hingga tingkat yang berbeda-beda dan bagaimana kamu dapat mematikannya untuk membantu menghemat masa pakai baterai.

1. Hapus widget dari layar kunci iPhone

Matikan 2 Pengaturan iOS ini untuk membuat baterai iPhone bertahan lebih lama foto: techno.id/yani andriyansyah

Semua widget di layar kunci memaksa aplikasi berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget. Aplikasi ini terus berjalan di latar belakang karena widget, itu berarti aplikasi tersebut terus menghabiskan daya.

Jika kamu ingin membantu menghemat baterai di iOS 17, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari widget di layar kunci dan layar beranda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lain, Tekan ke bawah pada layar kunci yang ada, lalu gesek ke sekeliling untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget apa pun.

Jika kamu hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci, tekan Kustomisasi, pilih opsi Layar Kunci, ketuk kotak widget, lalu tekan tombol "" pada setiap widget untuk menghapusnya.

2. Matikan umpan balik papan ketik haptic iPhone

Matikan 2 Pengaturan iOS ini untuk membuat baterai iPhone bertahan lebih lama foto: tangkapan layer/texhno.id/yani andriyansyah

Keyboard di iPhone tidak pernah memiliki kemampuan untuk bergetar saat kamu mengetik, tambahan yang disebut "umpan balik haptic" yang ditambahkan ke iPhone dengan iOS 16. Alih-alih hanya mendengar bunyi klik-klak, umpan balik haptic memberikan getaran pada setiap tombol, memberikan pengalaman yang lebih imersif saat kamu mengetik. Menurut Apple, fitur yang sama juga dapat memengaruhi masa pakai baterai.

Menurut halaman dukungan Apple tentang papan ketik ini, umpan balik haptic dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone . Tidak ada spesifikasi yang diberikan mengenai berapa lama masa pakai baterai yang dihabiskan fitur keyboard, tetapi jika kamu ingin menghemat baterai, sebaiknya nonaktifkan fitur ini.

Untungnya, ini tidak diaktifkan secara default. Jika kamu telah mengaktifkannya sendiri, buka Pengaturan > Suara & Haptics > Umpan Balik Papan Ketik dan matikan Haptic untuk mematikan umpan balik haptic untuk papan ketik.

(brl/red)