8 Cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone, nomor 7 wajib dilakukan

8 Cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone, nomor 7 wajib dilakukan

Techno.id - Sebelum muncul smartphone modern seperti sekarang, ponsel terdahulu dikenal cukup tangguh dalam urusan daya tahan baterai. Bahkan ada ponsel yang sanggup bertahan hingga 3 hari dengan sekali pengisian daya.

Bisa dimaklumi, dulu fitur ponsel tidak secerdas sekarang. Fitur-fitur tersebut tidak terlalu menguras baterai. Berbeda dengan smartphone saat ini yang kebanyakan fiturnya membutuhkan konsumsi energi yang cukup besar, setali tiga uang dengan perangkat keras yang juga membutuhkan daya.

Saat ini smartphone seperti iPhone yang kaya fitur dan tampilan yang luar biasa, daya tahan baterainya tidak lebih dari 2 hari untuk rata-rata pengguna. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk membantu memperpanjang daya tahan baterai iPhone.

1. Matikan persentase baterai

8 Cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone, nomor 7 wajib dilakukan foto: unsplash/sten ritterfeld

Cara ini sebenarnya lebih pada pendekatan psikologis pengguna. Dengan adanya tampilan persentase baterai, maka seringkali membuat khawatir ketika kondisi baterai sudah berada pada angka 20% atau lebih rendah.

Semakin sedikit informasi spesifik yang kamu miliki tentang keadaan baterai, semakin besar kemungkinan kamu untuk berpikir positif tentang kondisk baterai. Bahkan setelah kamu menerima peringatan 20% baterai hampir habis, kamu masih punya banyak waktu untuk mencari pengisi daya. Cara menonaktifkan persentase baterai di iPhone juga cukup mudah, buka Pengaturan>Umum>Penggunaan >Persentase Baterai lalu nonaktifkan sakelarnya.

2. Tetap menggunakan Wi-Fi

8 Cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone, nomor 7 wajib dilakukan foto: unsplash+

Dalam urusan mengunduh dan memproses data, Wi-Fi jauh lebih ringan menggunakan daya baterai daripada jaringan selular. Masuk ke semua hot-spot Wi-Fi yang tersedia di tempat yang sering kamu kunjungi akan membuat baterai lebih hemat.

Selain itu, pemrograman inti iPhone telah diatur untuk hanya melakukan ping ke jaringan Wi-Fi saat streaming data diperlukan. Tidak seperti perangkat lain yang terus mencari jaringan sehingga menguras baterai.

3. Matikan Bluetooth

8 Cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone, nomor 7 wajib dilakukan foto: freepik/carkhe

Jika kamu menggunakan perangkat Bluetooth secara teratur, pengaturannya harus dalam keadaan aktif. Untuk menghemat masa pakai baterai, alihkan ke off sesering mungkin. Jika kamu tidak menggunakan Bluetooth, biarkan pengaturan ini mati. Tidak seperti Wi-Fi, Bluetooth akan terus mencari perangkat yang tersambung, sehingga memperpendek masa pakai baterai.

4. Atur kecerahan layar

8 Cara memaksimalkan kinerja baterai iPhone, nomor 7 wajib dilakukan foto: freepik

Untuk masa pakai baterai yang optimal dan ramah pengguna, pengaturan sekitar 50% dengan kecerahan otomatis yang diaktifkan on akan memberikan hasil terbaik.

(brl/red)