7 Tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android

7 Tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android

Techno.id - Mungkin kualitas audio di perangkat Android kamu tidak cukup baik akhir-akhir ini. Jika kamu mendapatkan suara audio teredam atau hening, ada beberapa cara untuk memperbaikinya, mulai dari membersihkan perangkat secara fisik, hingga masuk ke opsi pengembang.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan beberapa peningkatan nyata dalam kualitas suara yang berasal dari perangkat Android kamu. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kualitas audio perangkat Android.

1. Bersihkan headphone atau speaker

7 Tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android foto: freepik

Jika audio tidak terdengar pas untuk kamu, langkah pertama adalah memastikan speaker ponsel, headphone, atau speaker eksternal tidak terhalang oleh debu atau kotoran. Sering kali, sedikit pembersihan saja akan menyelesaikan semua masalah audio.

Kamu dapat membersihkan earbud atau perangkat audio dengan hati-hati menggunakan kapas dan sedikit alkohol. Kamu dapat membersihkan speaker ponsel dengan cara yang sama. Untuk membersihkan debu dari speaker, gunakan kain mikrofiber.

2. Gunakan equalizer

7 Tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android foto: freepik/sensay

Jika merasa suara bas tidak cukup keras, atau nada tinggi terlalu tinggi, kamu dapat menyesuaikan pengaturan equalizer, baik di aplikasi layanan streaming musik, dan terkadang bahkan perangkat Bluetooth, jika memiliki aplikasi dengan equalizer.

Untuk mengubah pengaturan suara di Spotify, buka Pengaturan > Pemutaran > Equalizer. Kamu dapat memilih dari berbagai preset, atau menyesuaikan frekuensi yang berbeda secara manual.

Jika menggunakan sepasang headphone atau earbud Bluetooth yang disertakan dengan aplikasi, ada kemungkinan aplikasi tersebut memiliki pengaturan equalizer. Kamu dapat mencarinya di sekitar aplikasi, atau memeriksa panduan pengguna untuk informasi yang lebih spesifik.

3. Dapatkan teknis di opsi pengembang

7 Tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Opsi pengembang adalah alat hebat dalam perangkat Android yang memungkinkan kamu membuat lebih banyak perubahan pengaturan lanjutan di ponsel. Menuju ke sana membutuhkan beberapa langkah, tetapi tidak ada yang terlalu sulit.

Untuk mengaktifkan opsi pengembang, kamu harus membuka Pengaturan > Tentang ponsel, lalu ketuk berulang kali pada nomor Build hingga opsi pengembang diaktifkan.

Di opsi pengembang, kamu akan melihat beberapa pengaturan yang berguna. Salah satunya untuk kualitas suara adalah codec audio Bluetooth yang sedang digunakan ponsel dengan perangkat Bluetooth kamu.

Jika kamu menggunakan sepasang headphone Sony, pastikan menggunakan LDAC, karena itu akan memiliki bitrate terbaik dari codec yang tersedia. Bermain-mainlah dengan pengaturan codec untuk melihat mana yang paling cocok untuk kamu di perangkat.

Alat hebat lainnya di opsi pengembang adalah mengaktifkan audio HD untuk memastikan kamu mendapatkan audio berkualitas tinggi. Kamu juga dapat menyesuaikan laju sampel audio Bluetooth, kedalaman bit, atau mode saluran dan melihat mana yang paling cocok untuk kamu.

Terakhir, jika merasa volumenya terlalu rendah, kamu juga dapat menonaktifkan volume absolut di opsi pengembang. Ini membuatnya agar perangkat tidak menurunkan volume secara otomatis.

4. Cobalah fitur EQ dan volume otomatis

7 Tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android foto: freepik

Bergantung pada model dan versi OS, perangkat Android dapat memiliki fitur EQ otomatis dan fitur penyesuaian volume. Fitur-fitur ini akan menggunakan mikrofon untuk menilai akustik di sekitar dan tingkat kebisingan di lingkungan kamu. Fitur ini akan menggunakan informasi untuk secara otomatis menyesuaikan pengaturan dan volume equalizer suara yang sesuai.

(brl/red)