Cara mengatasi layanan jaringan selular yang buruk agar baterai ponsel kamu tidak terkuras habis

Cara mengatasi layanan jaringan selular yang buruk agar baterai ponsel kamu tidak terkuras habis

Techno.id - Sudah menjadi informasi umum jika area dengan penerimaan jaringan selular yang buruk adalah pembunuh daya baterai ponsel secara diam-diam. Sebab, di wilayah dengan jaringan yang buruk membuat ponsel kamu terus berkomunikasi dengan menara operator selular terdekat agar bisa tetap terhubung.

Kondisi ini membuat ponsel akan bekerja ekstra keras untuk mendapat jaringan. Jika kamu tinggal di daerah dengan jaringan selular yang buruk, kemungkinan besar ponsel kamu akan mengalami masalah pengurasan baterai. Berikut cara mengatasinya.

Cara meningkatkan sinyal untuk mengurangi pengurasan baterai

1. Ganti operator

Cara mengatasi layanan jaringan selular yang buruk agar baterai ponsel kamu tidak terkuras habis foto: freepik/kuprevich

Keandalan operator berbeda-beda di setiap area, kota, dan lingkungan. Lakukan riset, cari tahu operator mana yang paling baik di area di mana kamu tinggal. Pertimbangkan untuk berpindah operator.

2. Gunakan mode pesawat

Cara mengatasi layanan jaringan selular yang buruk agar baterai ponsel kamu tidak terkuras habis foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Fitur Mode pesawat dapat membuat antena ponsel kamu beristirahat. Matikan semua konektivitas, dan ponsel kamu tidak akan bekerja keras untuk tetap terhubung.

Kamu bisa menggunakan cara ini ketika tahu berada di tempat yang layanan selularnya buruk. Kamu juga bisa menggunakan alat cerdas seperti IFTTT untuk mengotomatiskan Mode Pesawat berdasarkan lokasi.

3. Perluasan jaringan

Cara mengatasi layanan jaringan selular yang buruk agar baterai ponsel kamu tidak terkuras habis foto: freepik/tascha1

Operator sering menawarkan perluasan jaringan yang menggunakan internet untuk memberi kamu sinyal. Pertimbangkan untuk memilikinya jika kamu tahu berada di tempat dengan layanan yang buruk untuk waktu yang lama.

4. Penguat sinyal

Cara mengatasi layanan jaringan selular yang buruk agar baterai ponsel kamu tidak terkuras habis foto: freepik

Penguat sinyal bisa jadi mahal, tetapi banyak orang yang memakainya. Produk ini memiliki antena luar yang dapat menangkap sinyal yang kemudian disebarkan ke seluruh rumah dengan antena internal.

(brl/red)