7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular

7 Penyebab internet lambat

5. Kamu menggunakan VPN yang lambat

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik/fellownekocat

Internet ponsel tiba-tiba menjadi lambat, juga bisa jadi karena perubahan yang kamu lakukan pada ponsel. Salah satu alasannya mungkin karena kamu telah mulai menggunakan VPN, yang memberi kamu lebih banyak keamanan dan privasi saat online.

Namun pilihan VPN dapat memiliki efek signifikan pada kecepatan internet. Aplikasi VPN gratis terkenal karena menawarkan kinerja yang buruk. Jika kamu menggunakan salah satunya dan mendapatkan kecepatan internet yang lambat, cobalah menonaktifkannya untuk sementara waktu.

6. Jangkauan selular yang buruk

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik/rawpixel.com

Internet yang lambat pada ponsel bukan hanya tentang Wi-Fi yang lambat. Ketika beralih ke data selular, kamu mengharapkan koneksi secepat atau bahkan lebih cepat daripada Wi-Fi. Tetapi ini tidak selalu benar.

Ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi sinyal ponsel. Kamu akan sering melihat kondisi ini di tempat-tempat yang ramai, seperti di acara olahraga atau konser. Ketika puluhan ribu orang mencoba untuk terhubung ke menara selular yang sama pada saat yang sama, kinerja akan terganggu. Karena itu jangan heran saat berada di dalam konser, jaringan selular seringkali lambat. Faktor potensial lainnya karena jarak kamu dari menara terdekat terlalu jauh.

Jadi, kamu memiliki ponsel 5G, tetapi jangkauan 5G bisa jadi tidak merata sehingga kamu ungkin tidak mendapatkan manfaatnya. Beberapa masalah ini bahkan bisa menyebabkan ponsel 4G kembali ke koneksi 3G yang lebih lambat.

Selain itu, operator selular yang lebih kecil mungkin memiliki bandwidth yang lebih terbatas, yang berarti kamu mungkin tidak akan pernah mendapatkan kecepatan tertinggi pada operator tersebut.

7. Smartphone kamu lambat

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik/nensuria

Terakhir, internet ponsel yang lambat mungkin saja merupakan tanda dari ponsel yang lambat. Koneksi Wi-Fi kamu mungkin bagus, jangkauan data selular juga sempurna, dan kamu berada di jaringan yang cepat. Tetapi mungkin ponsel kamu yang bermasalah.

Kebutuhan sumber daya aplikasi dan situs web terus meningkat setiap saat. Jadi, meskipun kecepatan internet sebenarnya bagus, kamu mungkin masih menganggapnya lambat. Perangkat keras ponsel mungkin membutuhkan waktu lama untuk merender halaman web, misalnya, atau berjuang untuk menangani grafis saat bermain game online.

(brl/red)