7 Cara mengatasi masalah baterai iPhone cepat habis, stop gunakan aplikasi boros daya

7 Cara mengatasi masalah baterai iPhone cepat habis, stop gunakan aplikasi boros daya

Techno.id - Apple selama ini berhasil meningkatkan daya tahan baterai iPhone dengan setiap versi yang berurutan. Meskipun demikian, sebagian besar iPhone hampir tidak dapat bertahan sepanjang hari dengan sekali pengisian daya.

Nah jika baterai iPhone kamu terkuras terlalu cepat dan kamu kesulitan menjaganya tetap hidup sepanjang hari tanpa sering mengisi daya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone.

1. Jaga agar ponsel tetap menghadap ke bawah atau gunakan fitur Jangan Ganggu

7 Cara mengatasi masalah baterai iPhone cepat habis, stop gunakan aplikasi boros daya foto: unsplash/benny bowden

Ketika mengeluarkan ponsel dari saku, dompet, atau tas, kamu mungkin cenderung meletakkannya menghadap ke atas. Ketika melakukan cara itu, setiap notifikasi akan membangunkan ponsel dan menerangi layar.

Jika kamu mendapatkan banyak notifikasi, maka dapat memberikan efek pemborosan baterai. Sebagai gantinya, letakkan ponsel menghadap ke bawah. Maka iPhone tidak akan membangunkan layar saat ada notifikasi masuk.

Sebagai alternatif, kamu dapat mengatur ponsel dalam mode Jangan Ganggu, yang menekan sebagian besar notifikasi. Untuk melakukannya, usap ke bawah dari bagian atas layar untuk melihat Panel Kontrol, lalu ketuk Fokus dan pilih Jangan Ganggu.

2. Nyalakan ulang iPhone

7 Cara mengatasi masalah baterai iPhone cepat habis, stop gunakan aplikasi boros daya foto: freepik/rawpixel.com

Ada beberapa faktor yang dapat menguras baterai iPHone secara rutin bahkan baterai tiba-tiba mulai terkuras dengan cepat. Jika menyadari iPhone kamu agak panas dan baterainya habis dengan cepat, kamu bisa menyalakan ulang iPhone dengan mematikannya. Tunggu beberapa menit, lalu nyalakan kembali. Cara ini dapat mengatasi kesalahan perangkat lunak dan iPhone akan kembali normal.

3. Periksa kesehatan baterai

7 Cara mengatasi masalah baterai iPhone cepat habis, stop gunakan aplikasi boros daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika iPhone sudah berusia lebih dari satu atau dua tahun, ada kemungkinan baterainya sudah menua hingga tidak bisa lagi mengisi daya seharian. Jika ini masalahnya, kamu bisa membawa ponsel ke tempat servis Apple untuk mengganti baterai dan mengembalikannya ke kondisi prima.

Namun kamu bisa memeriksa kesehatan baterai iPhone dengan membuka Pengaturan lalu ketuk Baterai. Ketuk Kesehatan Baterai. Jika Kemampuan Kinerja Puncak dan Kapasitas Maksimum kurang dari sekitar 85%, maka sudah waktunya mengganti baterai.

4. Berhenti menggunakan aplikasi yang boros daya

7 Cara mengatasi masalah baterai iPhone cepat habis, stop gunakan aplikasi boros daya foto: unsplash/thom bradley

Beberapa aplikasi sangat boros daya. Jika kamu sering menggunakannya dapat membuat baterai cepat habis. Untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menyedot daya, buka Pengaturan lalu ketuk Baterai. Gulir ke bawah ke daftar aplikasi, dan kamu dapat melihat aplikasi mana yang paling cepat menghabiskan baterai.

Perhatikan bahwa kamu dapat melihat penggunaan baterai hanya dalam 24 Jam Terakhir atau selama 10 Hari Terakhir menggunakan tab di atas grafik.

(brl/red)