Ini penjelasan mengapa lebih baik mengisi daya baterai iPhone saat masih tersisa 50 persen

Ini penjelasan mengapa lebih baik mengisi daya baterai iPhone saat masih tersisa 50 persen

Techno.id - Masalah daya tahan baterai sering menjadi keluhan pengguna. Banyak dari mereka yang merasa baterai smartphone, termasuk iPhone tidak seperti yang diinginkan. Mereka lebih sering mengisi daya dalam sehari.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilekukan untuk membantu mempertahankan daya baterai iPhone seperti menutup aplikasi yang menguras baterai, rutinitas pengisian daya kamu juga akan mempengaruhi kemampuan baterai.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat digital seperti iPhone, sebaiknya mulai mengisi baterai saat daya mencapai 50%. Mungkin banyak yang bertanya mengapa dalam kondisi baterai terisi separuh harus diisi ulang kembali? Begini penjelasannya.

Ini penjelasan mengapa lebih baik mengisi daya baterai iPhone saat masih tersisa 50 persen foto: freepik

Gagasan bahwa kita harus menguras baterai ponsel hingga 0% sebelum mengisi ulang daya adalah mitos belaka. Karena cara tersebut justru akan memperpendek masa pakai iPhone.

Sebaliknya, yang seharusnya dilakukan adalah mengisi daya ponsel secara teratur untuk menjaganya tetap sehat. Anggap saja seperti makan dalam porsi kecil tetapi sering.

Faktor tersebut bermuara pada sesuatu yang disebut kedalaman pengisian daya. Pada dasarnya, ini berarti berapa banyak daya baterai yang kamu gunakan sebelum mulai mengisi daya lagi.

Sekadar diketahui, baterai lithium-ion yang digunakan iPhone memiliki siklus pengisian sebelum terjadi degradasi baterai lithium-ion pada kedalaman pengosongan yang berbeda. Ketika kamu secara konsisten menggunakan 100 persen daya baterai, kamu akan mulai melihat baterai kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya setelah 300 hingga 500 siklus.

Ini penjelasan mengapa lebih baik mengisi daya baterai iPhone saat masih tersisa 50 persen foto: unsplash/ lasse jensen

Tetapi, jika kamu hanya menggunakan 50 persen daya baterai sebelum mencolokkannya kembali ke dalam pengisian daya, kamu dapat melakukan 1.200 hingga 1.500 siklus sebelum baterai mulai menurun.

Terlebih lagi, jika kamu memiliki kecenderungan untuk benar-benar mengatur pengisian daya baterai secara mikro, lebih baik mengisi daya hampir penuh. Misalnya 80 persen saja, bukan 100 persen. Sebab pengisian daya 100 persen menghasilkan sedikit panas, dan baterai lithium-ion tidak menyukai panas. Intinya, isi daya iPhone kamu secara teratur agar baterai dapat terus bertahan dan jangan mengisi daya hingga 100persen.

(brl/red)