7 Cara mengatasi flashdisk yang error dan data tidak terbaca

7 Cara mengatasi flashdisk yang error dan data tidak terbaca

Techno.id - Saat ini untuk menyimpan data bisa menggunakan berbagai perangkat, mulai dari smartphone, flashdisk, eksternal hard disk untuk data berkapasitas besar, hingga cloud.

Untuk data atau file yang bersifat sementara, biasanya orang menggunakan flashdisk karena mudah dan simpel. Bentuk flashdisk yang kecil juga ringkas untuk dibawa.

Namun flashdsik memiliki kelemahan, mudah sekali error atau tidak bisa dibaca di laptop atau PC. Nah jika kamu mengalami hal semacam itu, jangan buru-buru panik. Periksa terlebih dahulu flashdisk tersebut. Berikut cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di komputer atau laptop.

1. Periksa port USB di PC atau laptop

7 Cara mengatasi flashdisk yang error dan data tidak terbaca (Foto : Pixabay/Sweetlouise)

Cara pertama mengatasi flashdisk tidak terbaca adalah dengan memeriksa port USB di komputer atau laptop. Kemungkinan port USB di laptop rusak sehingga tidak bisa membaca flashdisk. Coba kamu hubungkan flashdisk ke perangkat (laptop) lain. Jika terbaca sangat mungkin port USB di laptop sebelumnya mengalami kerusakan.

2. Periksa kondisi flashdisk

7 Cara mengatasi flashdisk yang error dan data tidak terbaca (Foto : Pixabay/PhotoMIX-Company)

Setelah memeriksa port USB di laptop atau komputer, kamu juga perlu memeriksa flashdisk. Coba ambil flashdisk lain dan hubungkan ke laptop. Jika flashdisk tersebut bisa dibaca berarti port USB di laptop kamu dalam kondisi baik. Lalu coba kamu hubungkan flashdisk kamu sebelumnya, jika ternyata tidak terbaca, bisa jadi flashdisk kamu memang bermasalah.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)