7 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau menyala dan terjebak di logo Apple

7 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau menyala dan terjebak di logo Apple

Cara memperbaiki iPhone ngelag di logo Apple

2. Perbarui iPhone

7 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau menyala dan terjebak di logo Apple foto: freepik/grinvalds

Metode ini sebagian besar berlaku untuk pemilik iPhone 15. Jika kamu menggunakan iPhone 15 atau iPhone 15 Pro, perangkat kamu mungkin akan terjebak pada logo Apple saat mencoba mentransfer data dan aplikasi dari iPhone lama selama penyiapan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan bug pada iOS 17 prainstal perangkat.

Dalam hal ini, kuncinya adalah memastikan iPhone 15 kamu setidaknya menjalankan iOS 17.0.2, pembaruan yang diluncurkan Apple pada September 2023 secara khusus untuk menyelesaikan masalah transfer data ini.

Saat Kamu menyalakan dan mengatur iPhone baru, lewati halaman Mulai Cepat. Saat kamu melihat layar Pembaruan Perangkat Lunak selama proses penyiapan, pilih Perbarui Sekarang. Jangan menunggu untuk menginstalnya nanti. Setelah diunduh, kamu dapat memulai proses transfer data dari Quick Start seperti biasa.

Jika kamu tidak sengaja melewatkan langkah Perbarui Sekarang, masih ada cara lain untuk mendapatkan iOS 17.0.2. Lanjutkan saja petunjuk selanjutnya tanpa mengatur apa pun hingga kamu sampai di Layar Utama. Kemudian, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk menginstal versi iOS.

Setelah memperbarui, buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Hal ini memungkinkan kamu mengatur iPhone sebagai perangkat baru dari awal, tetapi dengan iOS terbaru, sehingga kamu dapat mentransfer data ke iPhone 15 tanpa khawatir akan terjebak di layar logo Apple.

3. Instal ulang iOS

7 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau menyala dan terjebak di logo Apple foto: freepik/user6702303

Jika kamu tidak menggunakan iPhone 15 dan perangkat masih macet pada logo Apple setelah restart paksa, coba instal ulang iOS. Kemungkinan besar ponsel kamu terputus di tengah-tengah pembaruan, sehingga menyebabkan iOS menjadi rusak.

Hubungkan iPhone ke komputer. Jika kamu menggunakan macOS Catalina atau yang lebih baru, buka Finder terlebih dahulu. Jika menggunakan PC Windows atau Mac dengan macOS Mojave atau yang lebih lama, buka iTunes.

Cari iPhone kamu di Finder atau iTunes. Setelah tersambung, mulai ulang iPhone secara paksa dan terus tekan tombol-tombol yang terlibat dalam proses tersebut hingga kamu melihat layar Mode Pemulihan pada iPhone, yang menampilkan ikon komputer.

Saat mendapatkan opsi pembaruan atau pemulihan, pilih Perbarui. Komputer kamu akan mengunduh dan menginstal ulang iOS tanpa menghapus data.

4. Menggunakan program perbaikan sistem

7 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau menyala dan terjebak di logo Apple foto: freepik/peoplecreations

Jika dua solusi sebelumnya gagal, pertimbangkan untuk menggunakan program perbaikan sistem berbayar. Program-program ini berguna untuk menyelesaikan berbagai masalah iPhone, termasuk perangkat iPhone terjebak pada logo Apple. Contoh program perbaikan sistem antara lain iMyFone Fixppo, Dr. Fone, TunesKit, Reiboot, dan FonePaw.

(brl/red)