6 Trik ampuh merawat PC yang pakai SSD agar awet, awas jangan diusap

6 Trik ampuh merawat PC yang pakai SSD agar awet, awas jangan diusap

Techno.id - Akhir-akhir ini, PC dan laptop dengan media penyimpanan SSD (Solid State Drive) menawarkan kecepatan dan performa yang lebih stabil dibanding pendahulunya HDD (Hard Disk Drive). Selain harga SSD yang sudah mulai menurun di pasaran, hampir semua PC dan laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi SSD. Tak heran kebanyakan orang lebih memilih opsi PC dengan SSD ketimbang HDD.

Namun banyak yang tidak tahu bahwa perawatan PC dengan SSD dan PC dengan HDD tidak bisa disamakan. Bahkan ada beberapa yang bertolak belakang karena memang kedua jenis media penyimpanan ini memiliki dasar yang berbeda. Merawat SSD dengan benar sangat penting untuk diterapkan agar performanya tetap optimal dan tahan lama, di bawah ini Techno.id sudah merangkum dari berbagai sumber tentang 6 trik ampuh merawat PC dengan SSD.

1. Hindari mengusap fisik SSD

6 Trik ampuh merawat PC yang pakai SSD agar awet, awas jangan diusap (Foto: Freepik.com)

Komponen mekanis yang dimiliki SSD bukan komponen yang dapat bergerak. Sehingga tidak perlu perlakuan fisik seperti mengusap atau membersihkan SSD apalagi dengan kain basah. Jika memang ingin dibersihkan, cukup mengusap pelan dengan kain microfiber berbahan dasar lembut.

2. Tidak perlu melakukan defragmentasi

6 Trik ampuh merawat PC yang pakai SSD agar awet, awas jangan diusap (Foto: Freepik.com)

Defragmentasi adalah proses penyusunan letak yang ada agar mempermudah proses menulis (write) data. Pada HDD, proses defragmentasi dapat mengoptimalkan kinerja cakram HDD. Namun hal ini berbanding terbalik dengan SSD, proses defragmentasi hanya akan memperpendek umur SSD karena tidak menggunakan cakram seperti HDD.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)