6 Tips dan trik pengaturan smartphone Android agar lebih mudah digunakan

6 Tips dan trik pengaturan smartphone Android agar lebih mudah digunakan

Techno.id - Salah satu hal terbaik memiliki ponsel Android adalah alat penyesuaian yang luas untuk membantu mempersonalisasi pengalaman kamu menggunakan perangkat. Namun, bagi sebagian orang, terutama yang lanjut usia, memiliki banyak pilihan ini menjadi beban.Karena itu, kamu dapat menyetel pengaturan perangkat agar smartphone Android kamu lebih mudah digunakan. Begini caranya.

1. Tingkatkan ukuran font sistem untuk visibilitas yang lebih baik

6 Tips dan trik pengaturan smartphone Android agar lebih mudah digunakan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu sering menyipitkan mata di depan ponsel saat membaca pesan teks, notifikasi, atau instruksi sistem, kamu harus mempertimbangkan untuk meningkatkan ukuran font sistem untuk menambah visibilitas dan mengurangi ketegangan pada mata.

Nah dalam tutorial ini, Techno.id menggunakan menggunakan ponsel Samsung. Tetapi langkah-langkahnya sebagian besar serupa di semua ponsel Android.

1. Buka Pengaturan dan ketuk menu Aksesibilitas.

2. Pilih fitur Peningkatan Visibilitas.

3. Gulir ke bawah sepenuhnya dan ketuk Ukuran dan Gaya Font.

4. Gunakan penggeser untuk mengubah ukuran font sesuai dengan yang paling nyaman kamu lihat. Kamu dapat melihat pratinjau ukuran font di atas penggeser untuk referensi.

2. Perbesar keyboard agar lebih mudah mengetik

6 Tips dan trik pengaturan smartphone Android agar lebih mudah digunakan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mirip dengan membaca teks kecil, mengetik di ponsel cerdas bisa jadi sulit bagi sebagian orang karena betapa kecilnya tombol keyboard ponsel cerdas di layar.

Untungnya, sebagian besar aplikasi papan ketik yang tersedia untuk Android, termasuk default sistem yang sudah diinstal sebelumnya di perangkat memungkinkan kamu memperbesar papan ketik agar lebih mudah mengetik.

Mari kita lihat bagaimana melakukannya dengan Gboard. Pastikan aplikasi Gboard di ponsel kamu diperbarui sebelum menggunakan petunjuk berikut.

1. Masukkan kotak teks untuk menarik papan ketik Gboard.

2. Selanjutnya, ketuk tombol bilah alat Gboard di sebelah kiri.

3. Ketuk Ubah ukuran.

4. Sekarang, cukup seret dua tab tarik di bagian atas dan bawah untuk memperbesar keyboard. Semakin kamu memperbesar keyboard, semakin banyak keyboard itu akan menempati layar, tetapi hanya sampai titik tertentu. Kamu juga dapat menggerakkan keyboard sedikit ke atas atau ke bawah jika itu akan membantu kamu mengetik lebih cepat. Ada banyak fitur keyboard Gboard keren lainnya yang juga harus kamu pertimbangkan untuk dicoba.

3. Aktifkan navigasi 3 tombol

6 Tips dan trik pengaturan smartphone Android agar lebih mudah digunakan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Banyak ponsel Android modern hadir dengan gerakan menggesek sebagai mode navigasi default, dan meskipun memiliki kelebihan, mungkin sulit digunakan untuk orang lanjut usia. Untuk mempermudah navigasi, kamu harus mengubah gaya navigasi Android menjadi navigasi tiga tombol, yang mungkin sudah lebih kamu kenal. Begini cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan perangkat dan buka menu Tampilan.

2. Ketuk dan pilih opsi Tombol.

3. Kamu juga dapat memilih urutan tombol jika diinginkan. Beberapa orang lebih suka tombol kembali di sebelah kanan, dan beberapa lebih suka di sebelah kiri. Kamu dapat memilih apa yang cocok.

(brl/red)