Android 15 telah rilis dalam bentuk pratinjau pengembang, ada fitur peningkatan masa pakai baterai

Android 15 telah rilis dalam bentuk pratinjau pengembang, ada fitur peningkatan masa pakai baterai

Techno.id - Android 15 kini sudah meluncur meskipun hanya dalam bentuk yang sangat awal untuk diuji pengembang. Untuk saat ini Google telah menyediakan unduhan untuk perangkat Pixel terbaru, termasuk Pixel 6, Pixel 7, dan Pixel 8.

Dalam posting blog Dave Burke dari Google, disebutkan ada peningkatan produktivitas, pengalaman media yang unggul, peningkatan masa pakai baterai, peningkatan kinerja aplikasi, dan perlindungan untuk privasi dan keamanan pengguna.

Banyak fitur awal adalah tweak, seperti yang diharapkan dari pratinjau pengembang. Misalnya, pembuat aplikasi mendapatkan kontrol lebih besar atas bagaimana foto dengan cahaya redup diproses oleh kamera, dan seberapa terang lampu kilat kamera. Yang juga baru adalah kemampuan untuk menangkap hanya sebagian layar dalam rekaman layar.

Pengembang juga akan dapat mengakses mode daya yang lebih efisien untuk mengurangi beban pada baterai, dan perlindungan integritas file tambahan yang dapat memeriksa apakah file telah dirusak sebelum diakses oleh aplikasi.

Beta publik

Android 15 telah rilis dalam bentuk pratinjau pengembang, ada fitur peningkatan masa pakai baterai foto: google

Sayangnya belum ada fitur baru yang besar untuk dilaporkan, tetapi sedikit penyesuaian telah diperhatika, seperti lebih banyak fleksibilitas untuk mengontrol kekuatan getaran keyboard, dan fitur cooldown untuk notifikasi dari obrolan grup.

Kode yang terlihat di Android 14 beta juga memberikan beberapa petunjuk tentang apa yang akan terjadi dengan Android 15. Misalnya indikator persentase kesehatan baterai yang tepat, kembalinya widget layar kunci, dan dukungan untuk standar Bluetooth Auracast yang disempurnakan.

Tak satu pun dari fitur tersebut yang terlihat, dan selama beberapa bulan ke depan pengguna dapat mengharapkan fungsionalitas saat Google mengubah kode menuju ke ponsel dan tablet Android.

Nama kode untuk versi ini dilaporkan Vanilla Ice Cream, dan lencana logonya cocok dengan tema luar angkasa yang sama dengan yang dilihat pada Android 14. Garis waktu yang diterbitkan Google disebutkan beta publik akan tersedia pada April mendatang, dengan peluncuran penuh akhir tahun ini.

(brl/red)