Cara mengetahui aplikasi yang menghabiskan baterai ponsel Android

Cara mengetahui aplikasi yang menghabiskan baterai ponsel Android

Techno.id - Untuk beberapa pengguna Android, masa pakai baterai bisa menjadi masalah serius, terutama saat bekerja dengan perangkat non-flagship di mana baterai cenderung lebih kecil dan kurang mampu bertahan sepanjang hari. Baterai juga akan cepat habis ketika kamu menggunakan aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk masa pakai baterai. Berikut cara mengetahui aplikasi yang dapat menguras baterai ponsel Android kamu.

Cara mengetahui aplikasi yang menghabiskan baterai ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan

2. Akses detail Baterai

3. Buka Penggunaan Baterai

4. Setelah berada di jendela Penggunaan Baterai, kamu akan melihat daftar aplikasi yang diinstal dan persentase baterai yang telah diunakan selama 24 jam terakhir.

5. Ambil tindakan. Jika kamu menemukan aplikasi yang menggunakan banyak energi, kamu harus menutup aplikasi tersebut, memeriksa pembaruan, atau mempertimbangkan untuk mencopot pemasangannya.

6. Jika menemukan aplikasi yang menggunakan baterai hingga dua digit, gali lebih dalam untuk mencari tahu alasannya. Paling sering, masalah terjadi ketika ada yang tidak beres dengan aplikasi dan dapat diselesaikan dengan menutup aplikasi atau memulai ulang ponsel.

7. Jika, setelah menutup aplikasi atau memulai ulang ponsel, lalu menemukan aplikasi yang dimaksud terus melakukan hal yang sama setelah 24 jam lagi, copot pemasangan aplikasi tersebut.

Cara menghentikan paksa aplikasi

Cara mengetahui aplikasi yang menghabiskan baterai ponsel Android foto: freepik

Saat kamu berada di bilah Penggunaan Baterai, ketuk aplikasi yang dicurigai, dan kamu akan melihat beberapa opsi, salah satunya adalah Force Stop.

Ketuk Paksa Berhenti untuk menutup aplikasi. Kamu juga dapat mengonfigurasi aplikasi ini untuk Penggunaan Baterai yang Dioptimalkan (yang sangat disarankan). Sebagian besar aplikasi yang kamu instal seharusnya sudah disetel untuk penggunaan baterai yang Dioptimalkan.

(brl/red)