7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Saat baterai ponsel dalam kondisi 10%, biasanya simbol baterai di pojok kanan atas akan berwarna merah. Tandanya, kamu harus segera menemukan sumber listrik untuk mengisi daya ponsel.

Tapi apa jadinya jika, kamu tidak bisa menemukan sumber listrik dan juga tidak membawa power bank? Sementara indikator baterai terus memperlihatkan kapasitas baterai yang terus menurun, dari 10% menjadi 5%, kemudian 3%, hingga 1% dan akhirnya ponsel mati.

Bikin stres pastinya. Cilakanya lagi, saat kamu menemukan sumber listrik tetapi ponsel kamu justru tak mau diisi daya saat perangkat dicolokkan. Banyak faktor yang menyebabkan ponsel kamu tak mau diisi daya. Berikut beberapa item yang harus kamu periksa untuk memastikan perangkat kamu berfungsi dengan baik sekaligus mencari penyebab ponsel kamu tidak mau mengisi daya.

1. Port pengisian daya kotor

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik/ali production

Periksa port pengisian daya ponsel kamu. Mungkin saja terdapat penyumbatan akibat kotoran atau debu yang menghalangi aliran listrik masuk untuk mengisi daya baterai. Gunakan tusuk gigi kayu untuk menyingkirkan kotoran apapun yang menjadi penyumbat.

Bisa juga karena port tersebut basah. Jika itu yang terjadi segera keringkan. Jika basah, tunggu beberapa saat dan jangan masukkan ponsel ke dalam beras.

2. Ponsel panas

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik/user19739995

Baik itu murni karena cuaca atau kamu telah membuat ponsel bekerja keras, maka ponsel akan memutuskan untuk memperlambat atau menghentikan pengisian daya jika terasa terlalu panas. Biasanya ada notifikasi ponsel sebelum mati jika ada panas brlebih. Dinginkan ponsel dengan mendiamkan beberapa saat. Setelah itu coba lagi menghubungkan ke sumber listrik.

3. Faktor kelembaban

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik/vecstock

Meskipun banyak ponsel dinilai tahan air saat terendam, mungkin ada sesuatu yang membahayakan perlindungan internal perangkat. Jika ternyata air yang menjadi penyebabnya, cara terbaik yang harus dilakukan adalah meninggalkan ponsel kamu di tempat yang kering setidaknya selama satu hari sebelum mencoba lagi untuk diisi daya.

4. Layar tidak responsif

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik/pvproductions

Mungkin layar ponsel tidak responsif sehingga kamu tidak tahu apakah ponsel sedang diisi dayanya. Cara termudah untuk mendiagnosis fungsionalitas port pengisian daya adalah dengan menghubungkan ponsel ke perangkat lain, misalnya komputer. Lihat apakah perangkat kedua mengenali koneksi dengan cara tertentu. Jika ya, kamu mungkin memiliki masalah yang berbeda.

5. Aksesoris pengisi daya

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik

Perangkat pengisi daya juga bisa menjadi penyebab ponsel tidak mau diisi daya. Coba isi daya perangkat lain menggunakan adaptor dan kabel yang biasa kamu gunakan.

Bisa juga menggunakan kombinasi adaptor dan kabel yang berbeda dengan ponsel kamu. Jika kamu menggunakan bantalan pengisi daya nirkabel, pindahkan perangkat kamu.

6. Periksa sumber daya

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik/nednapa2018

Pastikan kamu menggunakan port atau stopkontak yang baik. Jika kamu merasa kurang yakin dengan stopkontak yang ada, coba gunakan stopkontak lain.

7. Perbarui perangkat lunak

7 Penyebab smartphone kamu tidak bisa mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: freepik

Masalah perangkat lunak dengan adanya bug juga bisa menjadi penyebab ponsel tidak mau mengisi daya. Karena itu usahakan selalu memperbarui perangkat lunak perangkat kamu untuk mengatasi bug.

(brl/red)